Peringati Hari Pahlawan, Mensos Libatkan Anak-anak

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Indonesia memperingati Hari Pahlawan setiap tanggal 10 November. Kementerian Sosial pun memperingati Hari Pahlawan dengan melibatkan anak-anak.

Menteri Sosial Tri Rismaharini, menuturkan bahwa memperingati Hari Pahlawan dengan melibatkan anak-anak, diharapkan dapat menanamkan semangat juang yang diwariskan para pahlawan yang gugur di medan perang dalam memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan.

“Kita ingin menggugah anak-anak bahwa kemerdekaan yang kita raih bukan pemberian tapi perjuangan para pahlawan. Agar mereka (anak-anak) tidak jadi lemah dan semangat untuk berjuang mengisi kemerdekaan,” kata Mensos Risma dalam Rapat Pleno Hari Pahlawan 2021 di Gedung Anek Bhakti Kementerian Sosial, di Jakarta.

Memperingati Hari Pahlawan di tahun ini, Risma berharap anak-anak Indonesia bisa lebih memaknai juga memahami bahwa kemerdekaan bangsa bukanlah hadiah, bukan juga pemberian, tapi ini adalah hasil dari perjuangan para pahlawan.

“Nah inilah misi kita, bagaimana anak-anak, para anak-anak kita itu mengerti bahwa sekali lagi kemerdekaan yang kita raih ini bukan pemberian, bukan hadiah tapi perjuangan,” sambung mantan Walikota Surabaya itu.

Anak-anak yang mengikuti rangkaian acara memperingati Hari Pahlawan merupakan perwakilan siswa-siswi SMP dan SMA sejumlah sekitar 100-200 anak dari seluruh Indonesia.

Menteri Sosial berencana para perwakilan siswa-siswi tersebut akan diajak untuk mengikuti Upacara Ziarah Nasional yang akan diadakan di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama (TMPNU) Kalibata.

Tak sampai situ, pada 15 November 2021 Mensos akan menyelenggarakan Penguatan Nilai Kepahlawanan yang juga akan menghadirkan perwakilan siswa-siswi SMP dan SMA. Rangkaian acara tersebut untuk mengunjungi makam pahlawan, situs-situs perjuangan, dan museum. Tentu anak-anak yang mengikuti rangkaian acara memperngati Hari Pahlawan sudah melakukan vaksinasi.

“Akan ada sekitar 100 hingga 200 anak yang diundang. Tentunya pelibatan anak-anak ini dengan syarat sudah vaksinasi,” ucap Risma.

Kegiatan memperingati Hari Pahlawan 2021, mengusung tema “Pahlawanku Insipirasiku”.  Kegiatan ini dilakukan dengan tiga rangkaian, yakni kegiatan utama, kegiatan pokok, dan kegiatan penunjang baik di tingkat pusat, daerah, maupun luar negeri.

Kegiatan utama dalam memperingati Hari Pahlawan di tingkat pusat seperti:

  1. Upacara Ziarah Nasional di TMPNU Kalibata dengan Inspektur Upacara Presiden RI
  2. Upacara Tabur Bunga di Laut dengan Inspektur Upacara Panglima TNI
  3. Upacara Penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional di Istana Negara dengan Inspektur Upacara Presiden RI

Kemudian kegiatan penunjang dalam memperingati Hari Pahlawan, yakni akan menyelenggarakan lomba karya ilmiah kepahlawanan tingkat Nasional, juga akan mengadakan kerja bakti kepahlawanan di TMPNU Kalibata yang akan diselenggarakan pada 30-31 Oktober 2021.

Tak hanya itu dalam tingkat daerah dan mancanegara, memperingati Hari Pahlawan akan menyelenggarakan upacara bendera dengan jumlah terbatas. Juga pengibaran bendera Merah Putih dalam satu tiang penuh.

 

Reporter : Indah Suci Raudlah

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Survei Elektabilitas Bakal Calon Walkot Jogja yang Bertarung di Pilkada 2024, Sosok Ini Mendominasi

Mata Indonesia, Yogyakarta - Menjelang Pilkada 2024 di DIY, sejumlah lembaga survei sudah bergeliat menunjukkan elektabilitas para bakal calon Wali Kota dan juga Bupati. Termasuk lembaga riset Muda Bicara ID yang ikut menunjukkan hasil surveinya. Lembaga yang diinisiasi oleh kelompok muda ini mengungkap preferensi masyarakat Kota Jogja dalam pemilihan Wali Kota Jogja 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini