Percepat Vaksinasi untuk Hadang Peningkatan Kasus Covid19 yang Pesat

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Tingginya jumlah kasus Covid19 di Indonesia dalam dua bulan terakhir karena jumlah testing masih minim sehingga banyak kasus yang tidak teridentifikasi sebelumnya. Maka langkah yang harus ditempuh sekarang adalah mempercepat vaksinasi agar banyak warga yang terlindungi dari peningkatan kasus yang pesat.

Saran itu berasal dari epidemiolog UGM, Bayu Satria Wiratama melalui pesan yang dilihat Mata Indonesia News, Senin 26 Juli 2021.

Menurut Bayu, kasus-kasus yang tidak terdeteksi itu mungkin saja sudah muncul pada Mei 2021 sehingga meledak di Juli 2021 karena dipicu juga oleh sikap masyarakat yang mengabaikan protokol kesehatan.

“Namun, apabila laju vaksinasi harian masih rendah maka target bulan September untuk herd immunity di Jawa Bali akan sulit,” ujar Bayu.

Untuk bisa mencapai kekebalan komunal di bulan itu, setidaknya Indonesia harus melakukan 2 juta penyuntikan vaksin dalam satu hari.

Sementara untuk mengatasi banyaknya kasus kematian pasien Covid19 di rumah sakit dan saat isolasi mandiri di rumah, pemerintah harus memperbanyak lokasi isolasi terpusat agar bisa dipantau dengan baik.

Tempat itu juga bisa digunakan untuk mengetahui lebih awal mereka yang mengalami perubahan gejala menjadi lebih berat lagi agar bisa segera ditangani dengan tepat.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini