Perbedaan Olahraga Voli Lapangan dan Pantai

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Bola voli adalah permainan olahraga yang dimainkan oleh dua grup berlawanan. Masing-masing grup terdiri dari enam pemain. Terdapat pula dua jenis olahraga voli, yaitu voli lapangan dan voli pantai.

Nah, ada perbedaan antara bola voli lapangan dan voli pantai. Perbedaan ini tidak cukup signifikan, tetapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pengertian bola voli pantai dan indoor, tergantung pada lingkungan bola voli anda.

Berikut perbedaan antara voli pantai dan voli lapangan:

1. Tempat
Voli lapangan dan voli pantai dimainkan di tempat yang berbeda. Voli lapangan biasanya dimainkan di dalam ruangan ataupun di luar ruangan, asalkan lantai lapangan itu keras. Sedangkan voli pantai dimainkan di atas pasir di pantai, sesuai dengan namanya. Ukuran lapangan voli pantai lebih kecil daripada voli lapangan.

2. Jumlah Pemain
Pemain voli lapangan biasanya berjumlah sepuluh orang. Enam orang sebagai pemain inti dan empat orang sebagai pemain cadangan. Sedangkan pemain voli pantai biasanya hanya berjumlah dua orang tanpa ada pemain cadangan.

3. Bola dan Net
Kedua permainan voli ini menggunakan bola dan net yang berbeda. Bola voli pantai biasanya lebih besar dan lunak daripada bola voli lapangan. Bola voli pantai juga biasanya menggunakan warna yang lebih cerah, seperti kuning, oranye, merah muda.
Untuk net, ukuruan net voli pantai lebih kecil daripada voli lapangan karena ukuran lapangannya juga lebih kecil.

4. Servis
Saat melakukan servis bola, setiap pemain voli lapangan maupun voli pantai melakukannya secara bergantian. Namun, pemain voli lapangan melakukan putaran pemain searah jarum jam. Sedangkan pemain voli lapangan tidak memerlukan putaran pemain karena memang hanya ada dua pemain saja.

Selain itu, pemain voli lapangan memiliki tempat dan tugas masing-masing. Lain halnya dengan pemain voli pantai yang boleh berdiri di mana saja selama berada di dalam lapangan.

5. Dimainkan dalam Tiga Set
Baik voli lapangan dan voli pantai, keduanya dimainkan dalam tiga set. Namun bedanya, setiap set dalam voli lapangan berlangsung sampai 21 poin. Sedangkan dua set pertama voli pantai berlangsung sampai 25 poin dan set ketiga hanya sampai 15 poin.

Reporter: Muhammad Raja A.P.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

BEM Nusantara DIY Gelar Aksi Peringatan Hari Buruh Internasional

Mata Indonesia, Yogyakarta - BEM Nusantara DIY melakukan aksi peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day di Titik Nol Yogyakarta pada Rabu, 1 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini