Perbaikan Sungai Menjaga Ketersediaan Air Bersih di IKN

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Hulu sungai berperan penting untuk menjaga ketersediaan air bersih dalam konsep forest city Ibu Kota Nusantara (IKN). ”Kalau daerah hulunya tidak di perbaiki, atau daerah tampungan dalam kawasan tidak di perbaiki sama aja,” ujar Executive Director Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Tauhid Ahmad.

Selain menjaga ketersediaan air bersih, menurut dia, perbaikan hulu sungai juga mencegah terjadinya banjir di wilayah IKN. Ia mengatakan hulu sungai yang baik menjadi presentase Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang lebih banyak dari perkantoran dan perumahan dapat meminimalisir terjadinya bencana.

”Otomatis kalau rawan bencana harus ada skenario lingkungan di sana. Mengurangi mitigasi bencana terutama masalah banjir tentu saja bentuknya harus forest city begitu,” ujar Tauhid.

Pengamat Kebijakan Publik dari Universitas Trisakti Trubus Rahadiansyah mengatakan konsep forest city baru berhasil apabila ketersediaan air bersih tidak hanya mengandalkan dari bendungan saja.

”Itu untuk kebutuhan air jangka pendek. Tapi untuk jangka menengah jangka panjang berat,” ujar Trubus.

Selain pembangunan waduk dan dan penampungan air, Trubus menyarankan adanya penyulingan air laut menggunakan teknologi terkini untuk menyokong ketersediaan air. ”Pembangunan pipa yang dengan teknologi air laut yang asin di ubah menjadi air tawar,” ujar Trubus.

Saat ini, berdasarkan Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) Masterplan IKN oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), daya dukung air untuk wilayah IKN yang seluas 256 ribu hektare sudah terlampaui. Tetapi akses penduduk untuk mendapatkan air bersih masih rendah.

Kajian tersebut menyebutkan ketersediaan air di kawasan IKN termasuk rendah karena merupakan daerah non Cekungan Air Tanah (CAT) yang tidak bisa mengandalkan air tanah (ground water).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada 2024 Kulon Progo: Gerindra dan PPP Pilih Mesra Menangkan Pemilihan November Mendatang

Mata Indonesia, Kulon Progo - Dalam upaya memperkuat dukungan untuk bakal calon Bupati dan Wakil Bupati pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) November 2024, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Gerindra dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kabupaten Kulonprogo sepakat untuk berkoalisi.
- Advertisement -

Baca berita yang ini