Perangkat Daerah Sleman Sepakat Deklarasi Pemilu Damai

Baca Juga

Mata Indonesia, Sleman – Dalam rangka mewujudkan pesta demokrasi (Pemilu) yang aman dan berintegritas, Pemerintah Kabupaten Sleman melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) melaksanakan Deklarasi Pemilu Damai Tahun 2024, bertempat di Convention Center Hotel Alana, Rabu (1/11).

Kegiatan deklarasi damai ini melibatkan berbagai unsur, diantaranya Forkopimda, KPU, Bawaslu, Perangkat Daerah, 17 Kapanewon, Partai Politik peserta Pemilu, Forum Kemitraan Bakesbangpol, serta Ormas Keagamaan di Kabupaten Sleman.

Dalam pelaksanaannya, komitmen deklarasi damai ini dituangkan dalam bentuk penandatanganan deklarasi pemilu damai yang diawali oleh Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa, dilanjutkan KPU, Bawaslu, dan perwakilan Partai Politik.

Kepala Bidang Politik Dalam Negeri dan Ketahanan Nasional Kesbangpol Sleman, Achmad Raharjo dalam laporannya menyampaikan tujuan dari dilakukannya deklarasi Pemilu Damai ini, selain menyukseskan pemilu serentak, tetapi juga menciptakan adanya pemilu yang berintegritas serta menciptakan sutuasi aman, damai dan kondusif.

“Pemilu serentak tahun 2024 ini merupakan pesta demokrasi terbesar yang akan menentukan perjalanan bangsa Indonesia dalam lima tahun ke depan. Maka deklarasi pemilu damai ini menjadi komitmen yang kuat dalan mewujudkan pesta dekokrasi dan kontestan politik (Pemilu Serentak) agar aman, damai dan berintegrasi,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa dalam sambutannya menyampaikan dukungannya atas pelaksanaan deklarasi pemilu damai sebagai upaya menyamakan tekad dan semangat menyelenggarakan pemilu dan pemilihan tahun 2024 yang damai, bermartabat, dan berkualitas, sebagai tolak ukur kedewasaan demokrasi.

Menurutnya, penyelenggaraan pemilu merupakan salah satu proses demokrasi untuk mewujudkan sistem pemerintahan negara yang berkedaulatan rakyat. Maka dari, Ia menilai sangat penting pemilu dapat diselenggarakan secara damai sebagai pengejawantahan pesta demokrasi rakyat Indonesia dan seluruh peserta peserta pemilu memiliki cita-cita dan komitmen yang sama untuk menyukseskan pelaksanaan Pemilu tahun 2024.

“Deklarasi ini saya harapkan benar-benar menjadi komitmen kita bersama dan dilaksanakan secara sungguh- sungguh oleh seluruh partai peserta pemilu. Dengan demikian pemilu tahun 2024 dapat kita selenggarakan secara demokratis, jujur, akuntabel dan bermartabat,” ujar Danang.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Tindakan OPM Semakin Keji, Negara Tegaskan Tidak Akan Kalah Lawan Pemberontak

Organisasi Papua Merdeka (OPM) banyak melancarkan aksi kekejaman yang semakin keji. Maka dari itu, negara harus tegas untuk tidak...
- Advertisement -

Baca berita yang ini