Peran Penting Keluarga Wujudkan Kedaulatan Pangan Nasional

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Keluarga memiliki peran penting untuk mewujudkan kedaulatn pangan nasional sehingga perlu diperluas. Hal itu dikatakan oleh Kepala Badan Pangan Nasional (BPN) Arief Prasetyo Adi.

Menurut dia, keluarga merupakan kelompok kecil yang memiliki peran penting dalam pencapaian kedaulatan pangan nasional. Oleh karenanya, peran pimpinan daerah dapat menggaungkan pentingnya pemerataan pangan mulai dari tingkat keluarga di wilayah masing-masing.

“Pimpinan daerah dapat meningkatkan peran keluarga dalam pemerataan pangan daerah, perlu kolaborasi sesama saudagar. Sehingga upaya bersama dalam meningkatkan kemandirian pangan berkelanjutan di daerah dapat terwujud atas peran keluarga,” ujarnya.

Arief mencontohkan kelompok keluarga petani sebagai hulu pangan di daerah, keluarga peternak, kelompok keluarga lainnya yang bisa saling sinergi meningkatkan kemandirian pangan sebagai kontribusi membangun pemerataan pangan di daerah.

Sementara di sisi hilir, kelompok keluarga pedagang pasar di setiap daerah dapat meningkatkan peran dalam pendistribusian pangan.

“Sehingga ketersediaan pangan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dapat terjangkau hingga ke pelosok daerah. Ini peran penting kontribusi pimpinan daerah untuk keberlangsungan pangan,” katanya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Antisipasi Konvoi Kelulusan Pelajar, Polres Bantul Bakal Gelar Patroli

Mata Indonesia, Yogyakarta - Pengumuman kelulusan SMA, SMALB dan SMK akan dilaksanakan Rabu (7/5/2024). Polres Bantul mengimbau agar para pelajar tidak melakukan konvoi. "Kami mengimbau para siswa tidak melakukan konvoi yang dapat menggangu ketertiban umum dan masyarakat pengguna jalan," kata Kasi Humas Polres Bantul, AKP I Nengah Jeffry Prana Widnyana S.Sn, Minggu (5/5/2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini