Penonton Penuh di Laga Hongaria vs Portugal, Ini Penjelasannya

Baca Juga

MATA INDONESIA, BUDAPEST – Ada pemandangan berbeda di Stadion Puskas Arena saat Portugal melawan Hongaria. Penonton diperbolehkan memadai stadion di tengah pandemi Covid-19.

Sepertinya Covid-19 sudah dilupakan di Budapest. Pasalnya, ada 61 ribu penonton memadati stadion di pertandingan Piala Eropa 2020 Grup F antara Portugal melawan Hongaria.

Hal ini berbeda jauh di negara-negara lain dimana pemerintah hanya memberikan izin sekitar 20 persen penonton hadir di stadion. Di Stadion Wembley saat Inggris melawan Kroasia, penonton yang hadir hanya sekitar 19 ribu.

Pemerintah Hongaria memperbolehkan stadion dipadati penonton dengan alasan sudah melakukan vaksinasi lebih dari setengah jumlah penduduk. Sekitar 5,3 juta warga Hongaria sudah divaksin dari total 9,8 juta warga.

Perdana Menteri Hongaria, Viktor Orban, menggunakan vaksin dari Rusia dan Cina. Dia mempercepat pelonggaran lockdown yang memungkinkan para penggemar sepak bola menonton Piala Eropa dengan layak.

Meski demikian, Hongaria adalah salah satu negara Eropa yang cukup tinggi kasus Covid-19 dimana awal tahun ini tercatat lebih dari 30 ribu orang meninggal dunia, salah satu tingkat kematian per kapita tertinggi di dunia.

Tidak sembarangan orang bisa menonton langsung di stadion. Mereka yang hadir harus bisa menunjukkan sudah divaksinasi sebanyak dua kali. Sementara untuk fans Portugal, mereka diwajibkan menunjukkan hasil negatif PCR tes setidaknya 72 jam sebelum pertandingan dimulai.

“Pemerintah tahu Piala Eropa akan digelar di sini hanya sekali dan mungkin tidak akan digelar di sini lagi selama bertahun-tahun. Jadi, ini adalah kesempatan bagi mereka untuk menunjukkan dan mengekspresikan diri,” ujar seorang sumber, dikutip dari talkSport, Rabu 16 Juni 2021.

“Oke, angka Covid-19 lebih baik dari bulan lalu di Hongaria, tetapi banyak orang tidak mengerti mengapa stadion penuh. Jawabannya sangat mudah. Pemerintah dan perdana menteri (Hongaria) mencintai sepak bola, dan mereka tahu betapa pentingnya Piala Eropa ini bagi tim nasional dan negara,” lanjut sumber tersebut.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Rumah Sekda Karawang Digeledah, Begini Tanggapan Ketua BEM Fakultas Hukum UBP Karawang

MATA INDONESIA, KARAWANG-Pasca penggeledahan ruang dinas dan rumah Sekretaris Daerah Kabupaten Karawang yang dilakukan oleh Kejaksaan Tinggi Jawa Barat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini