Penggunaan Kendaraan Listrik Jadi Pendorong Transformasi Ekonomi Hijau

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Penggunaan produk kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB) Battery Electric Vehicle (BEV) produksi dalam negeri, merupakan salah satu hal penting dalam transformasi ekonomi yang lebih hijau.

Untuk itu, dalam rangka mendorong implementasi tersebut, pemerintah bekerja sama dengan Grab Indonesia, guna menyediakan aplikasi Grab Electric di berbagai layanan dengan total 8.500 armada.

“Dengan kolaborasi kita bersama, saya yakin inilah saat yang tepat untuk menyongsong era baru transportasi bebas polusi, era baru industri dan hilirisasi, dan era baru ekosistem penunjang BEV. Apalagi jika kita menggunakan baterai produksi dalam negeri,” ujar Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan.

Menko Luhut menyampaikan, hal itu merupakan sebuah pencapaian yang cukup baik, yang diharapkan dapat ditingkatkan jangkauan layanannya di berbagai kabupaten/kota di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Bahkan, Menko Luhut pun mengusulkan adanya pilot project untuk kendaraan listrik beroperasi di lokasi-lokasi yang menjadi destinasi wisata turis.

“Besar harapan saya, aplikasi itu mampu memberikan pengalaman baru bagi masyarakat dalam menggunakan BEV. Sehingga percepatan transformasi ke arah BEV dapat segera terpenuhi,” katanya.

Pemerintah saat ini, sangat serius dalam menyediakan berbagi regulasi untuk mendukung terciptanya eksosistem BEV. Beberapa aspek yang didorong antara lain aspek teknis, aspek insentif, hingga kepada aspek pembiayaan.
Aspek-aspek tersebut diharapkan mampu menciptakan efek supply dan demand dalam ekosistem BEV, sehingga transformasi dapat berjalan sesuai dengan harapan semua pihak.

“Dalam dua tahun terakhir ini telah terjadi peningkatan investasi dan produksi Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBL BB) yang cukup signifikan, baik roda dua, roda empat atau lebih, beserta industri penunjang lainnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini