Penggemar Ajax Amsterdam di Indonesia

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Ajax Amsterdam adalah salah satu klub sepak bola asal Belanda yang terkenal. Ajax Amsterdam memiliki penggemar tak hanya di Belanda saja, tapi tersebar di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Dari laman Facebook Ajax Indonesia ada sekitar 2.294 orang yang mengikuti dan 2.244 yang menyukai laman tersebut. Sedangkan di Twitter ada 3.454 pengikut. Di kedua laman tersebut memposting tentang kegiatan Ajax Amsterdam

Ternyata, klub raksasa asal Belanda ini pernah mengunjungi Indonesia sebanyak dua kali. Pertama pada tahun 1975 dan 2014. Pada 1975, Ajax tergabung dalam pertandingan segitiga dengan Manchester United dan Timnas Indonesia Tamtama. Pada pertandingan ini Timnas Indonesia harus kalah dengan skor 4-1.

Di pertandingan selanjutnya, Ajax melawan PSSI wilayah I, Ajax kalah dengan skor 2-4. Lalu, Persija Jakarta dan Persebaya Surabaya menjadi klub selanjutnya yang melawan Ajax Amsterdam. Persija berhasil mengimbangi Ajax dengan skor 1-1. Namun, Persebaya harus mengakui kekalahan dengan skor 3-2.

Pada 2014 Ajax mendatangi Indonesia lagi dan menyapa para penggemarnya. Saat itu Ajax berstatus sebagai juara Eredivisie 2013-2014 akan menjalani dua laga uji coba melawan dua tim yang terkenal di Indonesia, yaitu Persija Jakarta dan Persib Bandung.

Ajax bertanding dengan Persija di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta pada 11 Mei 2014 dan melawan Persib di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Bandung pada 14 Mei 2014.

Sebelum kedatangannya ke Indonesia, sang kapten, Siem de Jong, menyapa penggemar melalui video taping dengan menggunakan campuran Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. “Halo Indonesia, saya Frank De Boer. Datang dan saksikan kami.”

Saat tiba di Indonesia, para penggemar sangat antusias menyambut kedatangan Ajax Amsterdam di Bandara Soekarno Hatta dan menyanyikan lagu kebanggaan mereka. Para penggemar juga sangat mengapresiasi kedatangan Ajax pada saat itu.

Bahkan sampai ada yang datang dari Sumba, Nusa Tenggara Timur (NTT) hanya untuk menonton pertandingan Ajax melawan Persija Jakarta. Samani, supporter Ajax, sudah menggemari Ajax sejak 1995 yang pada saat itu merupakan juara Liga Champions.
Samani datang sendiri ke Jakarta dan menginap di sebuah hotel di daerah Pasar Baru.

Reporter: Laita Nur Azahra

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pemerintah Bangun IKN Dengan Tetap Memberdayakan Masyarakat Lokal

Pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur bukan hanya tentang memindahkan pusat pemerintahan, tapi juga tentang membangun masa...
- Advertisement -

Baca berita yang ini