Pendekatan Soft Approach Perlu Dilakukan Secara Konsisten di Papua

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Pendekatan lunak atau soft approach perlu dilakukan secara konsisten di Papua. Namun hal ini cukup sulit dilakukan karena masih ada kontak tembak antara aparat keamanan dengan KST Papua. Pengamat intelijen dan keamanan Stanislaus Riyanta menilai jika pendekatan lunak memerlukan waktu yang panjang untuk bisa berjalan optimal.

“Pendekatan “soft approach” tidak mungkin dilakukan dalam waktu singkat, ini dilakukan juga paralel dengan perlindungan keamanan bagi masyarakat, jadi soft approach itu masih perlu waktu dan berjalan terus,” kata Stanislaus kepada Mata Indonesia News, Rabu 16 Februari 2022.

Strategi pendekatan lunak tampaknya harus terus dilakukan dengan sabar supaya korban tidak terus berjatuhan baik dari masyarakat maupun dari aparat keamanan di Tanah Papua. Terutama jika terjadi konflik antara aparat keamanan dengan kelompok separatis dan teroris (KST) Papua, pendekatan lunak juga menjadi upaya prioritas untuk menyelesaikan persoalan tersebut.

Sebelumnya Serda Riza, prajurit TNI gugur tertembak anggota kelompok separatis dan teroris (KST) Papua pimpinan Lekagak Telenggen pada Kamis 27 Januari 2022. Tidak hanya Serda Rizal, dua prajurit TNI lainnya juga gugur dalam serangan tersebut yakni Pratu Tupel Alomoan Baraza dan Pratu Rahman Tomilawa.

Adapun Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menegaskan jika insiden penembakan yang terjadi murni karena penyerangan. Serangan itu terjadi ketika para prajurit melakukan tugas rutin di medan penugasan

“Intinya, sebetulnya dari pihak TNI tidak ada sedikit pun usaha-usaha yang memprovokasi, tidak ada,” kata Andika Perkasa.

Ia menyatakan akan terus mengejar pelaku penembakan yang menewaskan prajuritnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini