Pemilih Pemula Rawan Didorong Sebarkan Hoaks, Pemkot Jogja Perkuat Literasi Jelang Pemilu 2024

Baca Juga

Mata indonesia, Yogyakarta – Pemerintah Kota (Pemkot) Jogja mengharapkan generasi mudanya jadi masyarakat yang melek literasi menjelang pesta demokrasi Pemilu 2024.

Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfosan Kota Jogja, Edy Sugiharto meminta masyarakat terutama pemilih pemula jadi warga yang arif.

“Untuk adik-adik saya yang masuk kelompok rentan, pemilih pemula. Belajarlah sebanyak-banyaknya tentang literasi jadi pemilih yang baik,” ujarnya pada wartawan, Senin 27 Februari 2023.

Edy menduga menjelang pemilu akan ada potensi keriuhan masyarakat sehingga diperlukan upaya dalam menjaga situasi masyarakat tetap kondusif berkaitan dengan pesta demokrasi.

“Namanya pesta ya gembira. Tapi dalam pesta ada orang yang ingin pesta tidak berjalan dengan lancar,” ujarnya.

Saat ini Pemkot Jogja sudah melakukan berbagai upaya mulai dari memperkuat lini internal sampai melakukan monitoring dan evaluasi (monev) terhadap potensi di medsos.

“Melalui medsos, masyarakat bisa melakukan aduan. Jadi masyarakat tidak tergiring pada opini pada berita tidak jelas sumbernya dan siapa yang bertanggung jawab,” ujarnya.

Pemkot juga mengantisipasi situasi tidak kondusif melalui optimalisasi kelompok informasi masyarakat (KIM) yang aktif di 14 kemantren.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Antonius Fokki Ardiyanto Anggota DPRD Kota Yogya Tertarik Posisi Calon Wakil Wali Kota Yogyakarta

Mata Indonesia, Yogyakarta - Antonius Fokki Ardiyanto atau sapaan akrabnya Fokki yang saat ini masih aktif sebagai Anggota DPRD Kota Yogyakarta telah melakukan pendaftaran diri Bakal Calon Wakil Wali Kota Yogya, melalui PDI Perjuangan Jumat (3/5/2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini