Pemerintah Jamin Papua Aman

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Wilayah Papua dan Papua Barat situasi dan kondisinya dijamin aman. Meski ada bentrok antarwarga di Haruku dan Sorong, serta adu tembak kelompok Separatis dan TNI di Gome, Puncak.

Jaminan ini keluar dari Menko Polhukam Mahfud Md usai rapat kordinasi terkait sejumlah insiden di Papua dalam beberapa hari terakhir. Menurut dia, hasil kajian dan laporan dari Kapolri, Panglima TNI, Kepala BIN dan juga Kapolda beserta Pangdam setempat menyebut kondisi sudah kondusif.

”Kami bicarakan ini semua tadi yang kesimpulannya, Alhamdulillah sekarang aman terkendali,” ujar Mahfud, Jumat 28 Januari 2022.

Mahfud meminta, situasi yang sudah kondusif ini tidak berkembang menjadi hal lain. Dia pun menegaskan tidak ada motif SARA dalam insiden yang terjadi di Papua.

”Mohon jangan berkembang kemana-mana. Tidak ada motif SARA. Di Papua Barat itu adalah kasus tempat hiburan orang konflik mencari hiburan. Lalu ada perkelahian ada pembakaran rumah, tempat hiburan. Kemudian 17 orang meninggal,” ujar Mahfud.

Selain pembakaran tempat hiburan yang terjadi di Sorong, Papua Barat, atau tepatnya di Distrik Gome, Kabupaten Puncak juga terjadi insiden penembakan oleh kelompok separatis dan teror yang menewaskan tiga prajurit TNI. Mahfud menjelaskan, hal itu terjadi karena dampak perubahan situasi dengan pendekatan baru TNI.

”Sekarang TNI itu bersifat defensif tidak offensif, tapi satu kemajuan yang harus kita pelihara tidak ada korban masyarakat atau warga sipil sejak ada pendekatan baru,” katanya.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini