Pemerintah Daerah Papua Diminta Lebih Transparan Salurkan Dana Otsus

Baca Juga

MATA INDONESIA, BIAK – Tokoh Masyarakat Distrik Teluk Kimi, Biak Ferdinan Mamoribo mendukung kelanjutan kebijakan Otsus di Papua. Ia mengatakan bahwa sejauh ini kehadiran Otsus sudah cukup membantu hidup masyarakat Papua.

” Tapi sepertinya hanya berhasil di daerah-daerah tertentu saja, sedangkan masih banyak daerah yang kurang berhasil. Ini bukan berarti pemerintah pusat yang gagal tetapi karena pemerintah daerah tidak bisa menyalurkan dana Otsus dengan baik bahkan banyak terjadi penyelewengan,” ujarnya, dikutip Selasa 26 Oktober 2021.

Ia pun menduga ada banyak elit-elit politik di Papua yang sebenarnya ikut ‘bermain’ dengan memanfaatkan isu penolakan Otsus untuk kepentingan kelompok maupun pribadi.

“Sebenarnya apabila ditarik benang merah, maka bisa jadi para elite politik Papua ini yang menggerakkan masyarakat untuk melakukan penolakan Otsus dan menyampaikan bahwa Otsus itu gagal. Padahal mereka-mereka inilah yang selama ini menikmati Otsus, bukan masyarakat kecil,” katanya.

Ia pun berharap ke depan penyaluran Otsus jilid II perlu dirubah polanya. Ia memberikan contoh bahwa misalkan masyarakat pantai dalam program Otsus, jangan diberi cangkul untuk bercocok tanam, tapi berilah jaring untuk mencari ikan.

“Hal-hal kecil beginilah yang perlu dikaji oleh pemerintah pusat dan daerah. Kemudian perlu ditingkatkan bantuan pendidikan mulai dari tingkat SD hingga perguruan tinggi. Kalau perlu dengan Otsus maka dapat diprogramkan sekolah gratis mulai dari SD sampai perguruan tinggi,” ujarnya.

Hal serupa juga diungkapkan oleh Tokoh Pemuda Distrik Menou, Kabupaten Nabire Edmundus Madai. Ia mengatakan bahwa program Otsus harus tetap berlanjut di Tanah Papua.

“Saya sangat setuju dengan keberlanjutan Otsus sebab akan membantu masyarakat Orang Asli Papua. Apalagi masih banyak masyarakat Asmat yang jauh dari kehidupan layak,” katanya.

Ia menyampaikan dukungan atas rencana pemekaran wilayah atau pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) di Papua.

“Ini akan membuat pembangunan SDM dan infrastruktur di wilayah Papua akan lebih merata dan maju dengan cepat,” ujarnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Perjuangkan Kesejahteraan Buruh dan Petani, Dani Eko Wiyono Siap Maju Calon Bupati Sleman Melalui Jalur Independen

Mata Indonesia, Sleman - Alumni aktivis 98 sekaligus aktivis yang selalu menyuarakan aspirasi buruh/pekerja Daerah Istimewa Yogyakarta, Dani Eko Wiyono ST. MT ini bertekad maju bakal calon bupati Sleman dalam Pilkada Sleman nanti. Dani menilai, hingga saat ini, mayoritas kehidupan buruh masih sangat jauh dari kata sejahtera. Buruh masih dianggap hanya sebagai tulang punggung ekonomi bangsa tanpa diperjuangkan nasib hidupnya.
- Advertisement -

Baca berita yang ini