Pemerintah Buka Lahan Jagung Seluas 53 Hektare di Belu

Baca Juga

MATA INDONESIA, BELU – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meninjau penanaman tanaman jagung di kawasan lumbung pangan atau food estate di Kabupaten Belu, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Kamis 24 Maret 2022.

“Sore hari ini saya berada di Kabupaten Belu, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Kita di sini baru saja membuka lahan seluas kurang lebih 53 hektare yang akan kita tanami jagung,” kata Jokowi, Kamis 24 Maret 2022.

Pada lahan ini juga untuk air penyiraman tanaman menggunakan sprinkle yang sumber airnya berasal dari Bendungan Rotiklot. Food estate di kawasan ini nantinya akan diperluas sampai 500 hektare.

“Kalau itu nanti berhasil dan produksinya bagus, kita akan melompat ke daerah yang lain yang juga ada lahan datar seperti ini seluas 15.000 hektare,” kata Jokowi.

Menurutnya, perlu keberanian menggunakan teknologi dan mencoba di lahan-lahan yang sulit seperti di NTT. Dengan demikian, akan terlihat hal apa saja yang perlu ada perbaikan dan koreksi. Serta mengetahui jenis alat dan mesin pertanian (alsintan) yang tepat di NTT.

Ia juga meyakini keberadaan food estate akan memperbaiki kesejahteraan masyarakat NTT, khususnya Kabupaten Belu. Selain itu, Jokowi juga berharap food estate ini akan memperkuat ketahanan pangan nasional.

“Kita harapkan ini nanti hasil per hektarenya bisa kita lihat. Kemudian kita hitung petani mendapatkan keuntungan berapa dan setelah itu akan kita perluas,” katanya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini