Pemerintah Berencana Berikan Subsidi untuk Mobil Listrik pada 2023

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Harga mobil listrik di Indonesia saat ini masih terbilang mahal dan tidak terjangkau untuk dibeli masyarakat Indonesia.

Harga tinggi sedikit banyak memberi batu sandungan bagi pemerintah yang menargetkan sekitar 2 juta unit mobil listrik di Indonesia pada tahun 2025 mendatang.

Untuk meningkatkan daya tarik masyarakat ke mobil listrik, pemerintah akan menjalankan program khusus tahun depan. Dillansir Bloomberg¸ Rabu 12 Oktober 2022, lebih tepatnya program berupa subsidi pembelain EV baru.

Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Budi Karya SUmadi berharap bahwa adanya program subsidi ini dapat mendongkrak pembelian EV, agar kualitas udara bisa lebih bersih dan sehat.

“Seseorang sempat menanyakan ke saya, kenapa Indonesia sangat ambisius dengan EV. Mungkin ia tidak merasakan apa yang kita hadapi saat ini, terkait polusi udara yang berasal dari mesin pembakaran internal,” katanya.

Yang menarik pemerintah juga menyiapkan program-program lainnya. Salah satunya adalah subsidi untuk mengkonversi kendaraan dengan mesin pembakaran internal menjadi EV murni.

Sumadi menjelaskan bahwa hal ini sedang dalam dipelajari lebih dalam, lantaran transisi ke era elektrifikasi ini akan berdampak cukup signifikan ke industri otomotif.

“Kami bersama Kementerian/Lembaga dan unsur terkait, tengah berdiskusi mengupayakan ada subsidi untuk melakukan konversi dari kendaraan BBM ke listrik,” kata Budi.

Kementerian Perhubungan telah menerbitkan aturan terkait konversi mobil konvensional ke mobil listrik.

Beleid itu sendiri tertuang dalam Peraturan Menteri No 15 tahun 2022 tentang Konversi Kendaraan Bermotor selain Sepeda Motor dengan Penggerak Motor Bakar Menjadi Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai.

Permenhub No 15/2022 ini melengkapi Permenhub No 65 tahun 2020 tentang Konversi Sepeda Motor dengan Penggerak Motor Bakar Menjadi Sepeda Motor Listrik Berbasis Baterai. Sekaligus menjadi payung hukum bagi bengkel yang melakukan konversi mobil mesin konvensional ke BEV.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Mengulik Strategi Gerindra di Pilkada Sleman, Gabung Koalisi dulu sambil Jalan Pilih Kandidat Potensial

Mata Indonesia, Sleman- Peta politik untuk pemilihan kepala daerah di Kabupaten Sleman terus berkembang dinamis menjelang Pilkada Sleman 2024. Sejumlah partai politik aktif membentuk koalisi strategis, salah satunya adalah DPC Gerindra Sleman.
- Advertisement -

Baca berita yang ini