Pemerintah Belanda Siap Investasi di Ibu Kota Nusantara

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan membawa kabar baik saat pulang ke Indonesia dari kunjungan kerjanya ke Belanda bertemu para investor.

Dalam kesempatan tersebut, Menko Luhut mengajak pelaku usaha Belanda untuk meningkatkan investasinya di Indonesia, termasuk untuk proyek Ibu Kota Nusantara atau IKN.

“Indonesia dan Belanda memiliki sejarah panjang, hal ini merupakan modalitas penting penguatan kerja sama bilateral,” kata Menko Luhut dalam keterangan tertulis, Rabu 1 Juni 2022.

Secara khusus, Menko Luhut mengundang investor Belanda untuk berkontribusi dalam pembangunan IKN sebagai smart and green city melalui sharing of expertise dan peningkatan investasi ekonomi hijau, antara lain lewat program blended finance.

Ajakan tersebut direspon positif oleh Menteri Infrastruktur dan Pengelolaan Air Belanda, Mark Harbers. Dia mengaku siap membantu pembangunan ibu kota batu dan memberikan beberapa saran.

“Pembangunan IKN tidak hanya terbatas pada membangun infrastruktur kota baru, melainkan pula penyediaan aspek sosial dan ekonomi penduduknya. Belanda siap mendukung Indonesia dalam kaitan ini,” kata Mark Harbers.

Dialog antara Menko Luhut dengan para CEO perusahaan besar tersebut juga dimanfaatkan pihak Belanda untuk menjajaki kerjasama yang lebih erat. Antara lain terkait pengembangan Teluk Jakarta, pembangunan tidal bridge di NTT, serta transisi energi.

Selain itu, pertemuan itu juga ditujukan untuk membahas perkembangan kerjasama kedua negara, khususnya untuk sektor pengembangan pelabuhan, keairan dan energi baru/terbarukan.

Kedua delegasi mengharapkan kelanjutan dan peningkatan kerja sama dengan Otoritas Pelabuhan Rotterdam Belanda (Port of Rotterdam) dalam pembangunan pelabuhan Indonesia.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pemerintah Bangun IKN Dengan Tetap Memberdayakan Masyarakat Lokal

Pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur bukan hanya tentang memindahkan pusat pemerintahan, tapi juga tentang membangun masa...
- Advertisement -

Baca berita yang ini