Pemerintah Terus Bangkitkan Ekonomi Pulau Terpencil Indonesia Melalui Tol Laut

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTAPresiden Jokowi menegaskan pemerintahannya terus meningkatkan konektivitas ribuan pulau terluar dan terpencil Indonesia melalui program tol laut.

Meski jauh dari pusat kegiatan ekonomi nasional namun pulau terpencil memiliki potensi ekonomi yang tinggi.

Hal itu diungkapkannya saat memperingati Hari Maritim Nasional ke-57 secara virtual, Kamis 23 September 2021.

Pemerintah menurut Jokowi telah dan terus bekerja untuk meningkatkan konektivitas ribuan pulau kita.

Caranya, bukan hanya melalui pembangunan pelabuhan besar dan kecil, tetapi juga menghubungkannya melalui program Tol Laut.

“Untuk mempermudah lalu lintas barang dan orang antarpulau dalam rangka menjamin pelayanan masyarakat yang lebih baik dan meningkatkan nilai tambah ekonomi lokal,” ujar Jokowi.

Menurutnya lokasi pulau-pulau yang terpencil dna jauh dari pusat kegiatan ekonomi nasional, namun pulau-pulau itu memiliki potensi perekonomian yang tinggi.

Salah satunya adalah potensi industri pangan yang berbasis laut seperti perikanan, hayati laut, potensi pariwisata maritim yang memanfaatkan keindahan laut, serta potensi industri obat yang berbasis hayati laut.

Semua potensi itu bisa menjadi basis pertumbuhan ekonomi Indonesia yang merata hingga seluruh pelosoknya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini