Pemerintah akan Munculkan Desain Ibu Kota Baru Versi Metaverse

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Kementerian Perencanaan Pembangunan  Nasional (PPN) atau Bappenas kini menyiapkan rancangan ibu kota baru versi dunia virtual metaverse.

Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengatakan, konseptualisasi rancangan ibu kota baru akan mengadopsi perkembangan teknologi terkini. ”Kami mempersiapkan ibu kota negara dalam bentuk metaverse. Mudah-mudahan dalam empat bulan kami bisa menunjukkan,” kata Suharso dalam rapat dengan Pansus Rancangan Undang-undang (RUU) Ibu Kota Negara (IKN) di Gedung DPR, Kamis 13 Januari 2022.

Menurut Suharso, kemajuan teknologi memungkinkan hal ini terjadi. Nantinya, rencana desain ibu kota negara baru dalam bentuk Metaverse ada dalam peraturan presiden (perpres). ”Hal-hal yang bersifat teknis seperti itu, kita letakkan di perpres dan kalau ada perubahan cukup di perpres,” ujarnya.

Dengan munculnya fiber optic infrastructure dan teknologi berbasis 4.0 hingga 5.0, nantinya desain kota tidak lagi dalam bentuk maket atau hologram tapi dalam bentuk Metaverse.

”Jadi bukan lagi dalam bentuk maket, tidak dalam bentuk hologram, tapi sudah reactive gitu. Ini sedang dikerjasamakan dan mudah-mudahan benar dalam empat bulan ke depan bisa kita lihat,” kata Suharso.

Harapan munculnya desain ibu kota baru dalam bentuk Metaverse, kata Suharso, tidak terlepas dari pengalaman-pengalaman desain kota besar sebelumnya yang masih mengandalkan teknologi lama.

“Dengan pengalaman Jakarta dan kota-kota lain di Indonesia yang luar biasa hebatnya, tetapi senantiasa perkembangannya di luar jalur masterplan, dan kemudian membuat detail-detail di luar masterplan dan itu membuat kota menjadi amorph, tidak berbentuk,” kata Suharso.

Rencana pembuatan ibu kota baru versi metaverse sebenarnya sudah terungkap oleh Ikatan Alumni Institut Teknologi Bandung (IA ITB).

Mereka mengumumkan wacana pembentukan tim khusus pada bulan lalu.  “Kami akan membangun versi meta (metaverse). Pelayanan atau aktivitas di dalamnya bisa kami visualisasikan dalam bentuk tiga dimensi,” kata Ketua IA ITB Gembong Primadjaja.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

BEM Nusantara DIY Gelar Aksi Peringatan Hari Buruh Internasional

Mata Indonesia, Yogyakarta - BEM Nusantara DIY melakukan aksi peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day di Titik Nol Yogyakarta pada Rabu, 1 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini