Pembebasan Lahan IKN Jadi Prioritas Menteri ATR Hadi Tjahjanto

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Apa prioritas mantan Panglima TNI Hadi Tjahjanto saat menjadi Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)? Ternyata membereskan masalah pembebasan lahan untuk pembangunan Ibu Kota Negara (IKN).

Langkah ini untuk mendukung pembangunan IKN yang akan mulai start di tahun ini. ”(Pembebasan lahan) IKN juga jadi prioritas,” ujarnya dalam serah terima jabatan di Kementerian ATR.

Menurutnya, ada tiga tugas yang akan dilakukan selama menjabat sebagai menteri ATR.

  • Pertama, melanjutkan program sertifikasi tanah.
  • Kedua, menyelesaikan tumpang tindih tanah antara masyarakat dan badan usaha.
  • Ketiga, pembebasan lahan untuk IKN.

Terkait pembebasan lahan IKN, ia sudah berkomunikasi dengan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya. Ia berharap pembebasan lahan bisa segera selesai agar pembangunan infrastruktur di IKN bisa berlangsung.

”Sudah saya koordinasikan dengan Bu Siti Nurbaya. Saya juga akan ke lapangan mana yang prioritas akan segera kita urus. Sehingga pak Bambang (Kepala Otorita IKN) segera bisa bekerja,” ujarnya.

Menteri ATR Raja Juli Antoni mengatakan akan dengan sepenuh hati membantu tugas-tugas Hadi. Meski masalah agraria dan pertanahan bukan bidangnya, namun ia berjanji akan bekerja dengan baik.

”Kemarin sore saya dipanggil Presiden ke istana. Agak diluar dugaan akan ditunjuk Wamen BPN. Di ruangan sudah ada pak Hadi dan dikenalkan di sana. Itu takdir dari Allah SWT. Saya akan dengan sepenuh hati dan kemampuan. Kalau pak Hadi jadi pembantu Presiden, saya diminta Presiden untuk membantu pak Hadi,” ujarnya.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Indonesia Tawarkan Upaya Konkret Penanganan Air Dalam WWF ke -10

Rangkaian pertemuan World Water Forum (WWF) ke-10 tahun 2024 di Nusa Dua, Bali menghasilkan diskusi yang konstruktif dalam rangka...
- Advertisement -

Baca berita yang ini