Pembangunan Infrastruktur Bakal Majukan Papua Barat

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Pembangunan infrastruktur yang dilakukan pemerintah di Papua Barat dipastikan dapat memajukan wilayah tersebut. Hal itu dikatakan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

“Melalui pembangunan-pembangunan ini, bukan hanya dapat meningkatkan konektivitas dan keterisolasian, tetapi juga memajukan wilayah di Papua Barat,” katanya.

Diketahui, beberapa proyek pembangunan infrastruktur yang akan dilakukan diantaranya Jalan Trans Papua yang akan dibangun sepanjang 3.462 kilometer, jalan strategis di Papua Barat, Bandar Udara Siboru
Fak Fak, Pelabuhan Sorong Eksisting dan Pelabuhan Arar, Pelabuhan Waisai, Bandar Udara Perairan (Seaplane).

Tak hanya itu infrastruktur biru sumber daya air, Proyek Tangguh LNG Train 3, serta pengembangan ekonomi kawasan yang nantinya dapat meningkatkan rantai nilai sumber pangan lokal dan menunjang ketahanan pangan nasional.

Luhut ingin agar seluruh pembangunan berjalan sesuai timeline yang sudah ditentukan. Namun, tentu, dengan berlandaskan hasil studi sebagai acuan bekerja.

Ia mengungkapkan pemerintah daerah didukung oleh pemerintah pusat dapat mengajak universitas setempat maupun akademisi lain untuk bantu menjalankan riset.

Misalnya untuk proyek Bandar Udara Seaplane yang dibangun dekat dari Bandar Udara Marinda, di mana setelah dilakukan studi dan pembangunan runway sepanjang 1.500 meter dan lebar 30 meter, nantinya akan dilanjutkan dengan pilot project pesawat amfibi N219.

Luhut juga mengungkapkan di masa mendatang Papua Barat harus bisa melakukan hilirisasi atas
sumber daya alam yang melimpah. Hilirisasi dinilai akan memberikan dampak positif bagi perekonomian daerah, meningkatkan nilai tambah serta membuka lapangan pekerjaan.

Salah satu hilirisasi yang dapat dilakukan adalah dengan Proyek Tangguh LNG Train 3. Menurut mantan Menko Polhukam itu, ketersediaan gas yang melimpah di Papua Barat dapat dimanfaatkan dengan pendirian pabrik petrokimia pada Kawasan Industri Onar di Teluk Bintuni.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Program AMANAH Kembangkan SDM Muda Kelola Potensi Kekayaan Aceh

Program Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat (AMANAH) mampu mengembangkan kualitas sumber daya manusia (SDM) muda di Tanah Rencong...
- Advertisement -

Baca berita yang ini