Paus Maling Dukung Kelanjutan Otsus Papua

Baca Juga

MATA INDONESIA, YAHUKIMO – Tokoh Masyarakat Kabupaten Yahukimo Paus Maling mendukung kelanjutan program Otsus di Papua. Ia juga menaruh harapan besar bagi kelanjutan Otsus jilid II.

Ia pun berharap agar Otsus kelak mampu mensejahterakan masyarakat Papua dengan baik.

“Khususnya di Kabupaten Yahukimo. Sebab sumber kekayaan alam Papua sangat melimpah seharusnya mampu untuk meningkatkan infrastruktur dan kesejahteraan masyarakatnya,” ujarnya, dikutip Minggu 7 November 2021.

Ia juga menegaskan agar pengelolaan dana Otsus jilid II lebih transparan dan bisa diserap oleh seluruh masyarakat Papua.

“Otsus di Papua sudah ada sejak Tahun 2001 dab sampai dengan saat ini sehingga sudah memakai dana yang sangat besar, akan tetapi belum memberikan dampak perubahan yang signifikan di Kabupaten Yahukimo,” katanya.

Ia juga berharap alokasi dana kampung yang menjadi bagian dari dana Otsus bisa tersalurkan dan dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat Yahukimo.

“Karena tujuan dari anggaran tersebut supaya digunakan untuk membantu kondisi ekonomi masyarakat dan pembangunan kampung, akan tetapi tujuan itu sulit terlaksana dikarenakan mayoritas pejabat kampung setelah menerima pencairan dana, meninggalkan kampungnya bahkan keluar kota sehingga program pembangunan kampung tidak dilaksanakan,” ujarnya.

Maka, tindakan-tindakan seperti inilah yang merusak citra Otsus. Kemudian muncul stigma negatif dari masyarakat Yahukimo bahwa Otsus tidak berdampak positif.

Selain itu tingkat kepedulian Pemda Yahukimo yang masih kurang dalam pengawasan berbagai program Otsus terhadap masyarakat dan pemberian pemahaman kepada masyarakat terkait dengan kehadiran Otsus di Papua tidak pernah dilakukan.

“Hal-hal demikian yang perlu dievaluasi semua guna memaksimalkan dukungan masyarakat supaya Otsus tetap berlanjut, katanya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Perjuangkan Kesejahteraan Buruh dan Petani, Dani Eko Wiyono Siap Maju Calon Bupati Sleman Melalui Jalur Independen

Mata Indonesia, Sleman - Alumni aktivis 98 sekaligus aktivis yang selalu menyuarakan aspirasi buruh/pekerja Daerah Istimewa Yogyakarta, Dani Eko Wiyono ST. MT ini bertekad maju bakal calon bupati Sleman dalam Pilkada Sleman nanti. Dani menilai, hingga saat ini, mayoritas kehidupan buruh masih sangat jauh dari kata sejahtera. Buruh masih dianggap hanya sebagai tulang punggung ekonomi bangsa tanpa diperjuangkan nasib hidupnya.
- Advertisement -

Baca berita yang ini