Pasukan Siber harus Jadi Contoh Penyebar Informasi yang Benar dan Akurat

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Rencana pembentukan pasukan siber yang dilakukan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) DKI Jakarta untuk menghadapi pendengung alias buzzer disebut akan menjadi contoh jika mereka tidak menyebarkan hoaks, trolling, dan doxing seperti yang dilakukan banyak pendengung.

Direktur Lembaga Penelitian, Pendidikan dan Penerangan Ekonomi dan Sosial (LP3ES), Wijayanto mengatakan bahwa pasukan siber kerap menggunakan cara-cara kontraproduktif seperti menyebarkan berita bohong, doxing, dan trolling menciptakan disinformasi yang membahayakan demokrasi.

“MUI bisa menjadi contoh jika mereka membentuk tim digital yang tidak menggunakan cara-cara seperti di atas,” katanya.

Menurut Wijayanto, penggunaan pasukan siber pada era digital merupakan tindakan yang selagi tidak menggunakan cara-cara yang bertentangan dengan demokrasi, yakni dengan menyebarkan informasi yang benar dan akurat.

Wijayanto enggan berkomentar lebih jauh. Ia merasa perlu melihat terlebih dahulu bagaimana pasukan siber MUI DKI Jakarta itu akan bekerja. Meski demikian, ia mewanti-wanti agar MUI memberi contoh yang baik seperti berkampanye berdasarkan data, informasi akurat, dan argumen yang masuk akal.

Sebelumnya, MUI DKI Jakarta menyatakan akan membentuk pasukan siber atau cyber army guna melawan buzzer di media sosial yang menurut mereka kerap menghantam ulama dan mendiskreditkan umat Islam.

Sementara itu, LP3ES pernah merilis hasil riset yang menyebut bahwa pasukan siber kerap menjadi alat elite politik dan ekonomi di Indonesia sebagai alat untuk memanipulasi opini publik di media sosial.

Riset itu merupakan kolaborasi LP3ES, Universitas Diponegoro, Universitas Islam Indonesia, Universitas Amsterdam, Drone Emprit, dan KITLV Leiden. Mereka mewawancarai 78 orang buzzer selama dua tahun terakhir.

“Ada semacam elite politik dan elite ekonomi dan juga seorang dari circle pemerintah yang menggunakan cyber troop. Dan itu bisa muncul dari pemerintah dari parpol. Jadi macam-macam orang yang menggunakan cyber troop untuk membela kepentingan mereka,” katanya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

TPST Piyungan Ditutup, Gunungkidul jadi Lokasi ‘Selundupan’ Sampah dari Kartamantul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Ditutupnya TPST Piyungan oleh Pemda DIY pada 1 Mei 2024 kemarin membuat operasi pengiriman sampah di tiap wilayah seperti Kota Yogyakarta, Sleman dan Bantul cukup kelimpungan.
- Advertisement -

Baca berita yang ini