Para Penyintas Covid19 Tetap Harus Divaksin

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Para penyintas Covid19 tetap harus menjadi prioritas vaksinasi karena antibodi mereka diperkirakan hanya bertahan tiga sampai delapan bulan.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Tim Advokasi Pelaksanaan Vaksinasi Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI), dr Iris Rengganis kepada Mata Indonesia News, Jumat 5 Februari 2021.

Menurut Iris, setelah program vaksinasi besar-besaran ini, para imunitas penyintas Covid19 dipastikan mulai menurun.

Maka dia menganjurkan mereka tetap mendapat vaksinasi Covid19 agar kekebalan komunitas tetap terjaga di Indonesia.

Iris menyebutkan para penyintas tersebut mendapat imunitas alamiah. Imunitas alami itu dibagi dua lagi yaitu aktif dan pasif.

Imunitas aktif terjadi setelah seseorang terinfeksi suatu penyakit hingga menciptakan kekebalan di dalam tubuhnya.

Sedangkan imunitas pasif akan terjadi saat seorang anak masih di dalam kandungan ibunya karena masih dihubungkan dengan plasenta yang penuh dengan antibodi.

Sementara pemberian vaksin merupakan imunitas dalam bentuk aktif dan plasma konvalesen disebut akan menghasilkan imunitas pasif karena di dalam plasma itu sudah mengandung antibodi.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Antonius Fokki Ardiyanto Anggota DPRD Kota Yogya Tertarik Posisi Calon Wakil Wali Kota Yogyakarta

Mata Indonesia, Yogyakarta - Antonius Fokki Ardiyanto atau sapaan akrabnya Fokki yang saat ini masih aktif sebagai Anggota DPRD Kota Yogyakarta telah melakukan pendaftaran diri Bakal Calon Wakil Wali Kota Yogya, melalui PDI Perjuangan Jumat (3/5/2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini