Paling Populer, Dua Putra Jokowi Masuk Bursa Calon Wali Kota Solo

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA-Nama Putra sulung dan bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep masuk ke dalam bursa calon Wali Kota Solo, pada Pilkada 2020 mendatang.

Keduanya masuk dalam deretan tokok popular di Kota Bengawan tersebut, berdasarkan hasil survei Lembaga Laboratorium Kebijakan Publik Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Solo.

Ketua Laboratorium Kebijakan Unisri Solo, Suwardi mengatakan telah melakukan survei dengan menggunakan teknik cuplikan random sampling. Ada 96 titik lokasi dengan 8 responden di masing-masing titik. Total ada 766 responden yang uji sampel dengan margin eror 4 persen.

Suwardi menjelaskan, ada tiga kategori materi uji yakni popularitas, akseptabilitas dan elektabilitas. Berdasarkan hasil uji popularitas, 90 diantaranya 766 responden mengenai Gibran. Sementara untuk Kaesang, 83 persen responden juga mengenal pengusaha pisang itu.

Sementara itu berdasarkan kategori akseptabilitas, nama Achmad Purnomo mendapatkan prosentase tertinggi yakni 83 persen. Artinya 83 responden yang diuji sepakat jika Wakil Wali Kota itu menjadi Wali Kota Solo.

Sedangkan dari segi elektabilitas, dikatakannya, Achmad Purnomo mendapatkan prosentase tertinggi, 38 persen. Disusul Gibran dengan 13 persen, Teguh Prakosa 11 persen dan Kaesang 1 persen.

Selain 4 nama tersebut, beberapa nama lainnya juga muncul. Diantaranya Ketua Kadin Gareng S Haryanto, pengasuh Ponpes Al Quraniy Azzayadiy KH Abdul Karim (Gus Karim), Mantan Rektor UNS Ravik Karsidi, pengusaha Slamet Rahardjo, Ketua Tim Pemenangan Daerah Jokowi-Maruf Her Suprabu dan Akuntan Publik Rachmad Wahyudi.

Menurut dia, nama-nama tersebut muncul berdasarkan forum group discussion (FGD) yang digelar oleh tim bersama dengan tokoh-tokoh lintas bidang di Kota Solo.

Berita Terbaru

Peningkatan Infrastruktur di Bali Bukti Komitmen Indonesia Siap Selenggarakan WWF 2024

World Water Forum Ke-10 di Bali pada 18-24 Mei 2024 diharapkan akan menghasilkan berbagai solusi masalah air termasuk sanitasi...
- Advertisement -

Baca berita yang ini