Otsus Datangkan Banyak Dampak Positif bagi Hidup Orang Asli Papua

Baca Juga

MATA INDONESIA, TOLIKARA – Tokoh Masyarakat Distrik Karubaga, Kabupaten Tolikara Karmin Yikwa mengatakan bahwa kehadiran Otsus sangat membantu masyarakat Papua, khususnya di Tolikara.

Ia pun optimis kelanjutan Otsus di Papua akan memberikan banyak dampak positif kepada Orang Asli Papua (OAP).

“Terutama lewat bidang pendidikan, kesehatan, pembangunan dan ekonomi yang saat ini membuat kehidupan OAP mengalami kemajuan,” ujarnya, dikutip Minggu 24 Oktober 2021.

Ia pun berharap agar Otsus jilid II dapat lebih meningkatkan taraf hidup OAP dan merubah pola hidup OAP menjadi lebih baik.

Hal senada juga disampaikan oleh Tokoh Masyarakat Distrik Ilaga Kilunggay Magay. Ia pun berharap Otsus jilid II bisa mendatangkan banyak perubahan positif di Papua.

“Tapi ada yang perlu diperbaiki dalam program Otsus Jilid II yaitu sistem dan cara penyaluran dananya dan perlu pengawasan khusus,” katanya.

Ia menegaskan bahwa langkah pemerintah pusat untuk melanjutkan Otsus wajib didukung penuh karena Papua merupakan daerah tertinggal di sejumlah sektor.

“Perlu warna baru dalam program Otsus jilid II yaitu perlu ada pengawasan melekat dari pemerintah pusat dan Pemda sampai ke dinas-dinas yang memperoleh program Otsus Jilid II.” ujarnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

A2RTU Gelar Expo Sistem Refrigerasi dan Tata Udara Pendukung Ketahanan Pangan dan Net Zero Emission

Mata Indonesia, Yogyakarta - Ketahanan pangan menjadi isu yang masif didengungkan oleh pemerintah. Terlebih, saat ini Indonesia bersiap menyongsong Indonesia Emas 2045. Di sisi lain, dalam Rencana Strategis (Renstra) Badan Ketahanan Pangan (BKP) yang kini diubah menjadi Badan Pangan Nasional (Bapanas) Kementerian Pertanian Republik Indonesia (Kementan RI) Tahun 2020-2024 menyebut bahwa pembangunan pangan di Indonesia masih menghadapi masalah. Utamanya, terkait dengan penyediaan (supply) pangan.
- Advertisement -

Baca berita yang ini