Otsus Bantu Penuhi Kebutuhan Masyarakat di Pedalaman Papua

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAYAPURA – Kehadiran Otsus telah membantu hidup masyarakat Papua. Hal ini diungkapkan oleh Tokoh Papua Abisai Rollo, SH.

“Dengan adanya Otsus maka masyarakat di setiap kampung yang ada di Papua bisa mendapat bantuan, rasa kebahagiaannya ada di situ, sementara jika Otsus putus maka itu membuat masyarakat menjadi susah,” ujarnya, dikutip Rabu 3 November 2021.

Ia pun memberikan dukungan atas kelanjutan Otsus jilid II. Namun, ia berharap agar dalam pelaksanaan Otsus Jilid II di Provinsi Papua dapat berjalan dengan jelas dan transparan serta diiringi pengawasan yang ketat.

“Kebijakan yang dipilih oleh Pemerintah Pusat untuk pembangunan di tanah Papua adalah pilihan terbaik,” katanya.

Untuk itu, ia meminta pemerintah provinsi dan pemerintah pusat mengevaluasi dana Otsus sehingga alokasinya benar-benar dinikmati masyarakat Papua.

Ia juga menegaskan agar masyarakat Papua jangan mau dimanfaatkan oleh kelompok yang mengatasnamakan Papua untuk menolak Otsus dan menolak Papua sebagai bagian dari NKRI.

“Karena Otsus itu sangat membantu masyarakat Papua dan juga pembangunan di Papua dan terakhir Papua merupakan bagian sah dari NKRI,” ujarnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Tokoh Masyarakat Kemtuk Gresi, Kabupaten Jayapura Simon Bame, S.Pd. Menurutnya, kehadiran Otsus telah memberikan banyak manfaat bagi masyarakat Papua.

“Salah satunya dalam bidang pendidikan, di mana dana otsus tersebut dapat membantu anak-anak Papua khusunya yang berada di kampung untuk mengenyam pendidikan,” katanya.

Selain itu, Otsus bisa membantu meningkatkan sumber daya manusia Papua agar dapat menduduki jabatan-jabatan strategis di pemerintahan, baik di Papua maupun di luar Papua.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini