Ondoafi Skouw Mabo Nilai Otsus Jilid II Berikan Dampak Positif Bagi Masyarakat Papua

Baca Juga

MATA INDONESIA, SKOUW MABO – Perpanjangan kebijakan Otonomi Khusus (Otsus) jilid II dinilai memberikan dampak positif bagi masyarakat Papua. Hal ini disampaikan oleh kepala adat (Ondoafi) Skow Mabo Yansen M Malo.

Ia mengatakan, Otsus Papua telah memberikan perubahan besar bagi Tanah Papua. “Hal tersebut dapat dilihat dari beberapa aspek contohnya pembangunan infrastruktur, kemajuan SDM melalui pendidikan dan menjaminkan kesehatan buat masyarakat yang ada di Papua,” ujarnya, Sabtu 21 Agustus 2021.

Yansen pun sangat mendukung berkelanjutan Otsus jilid II karena telah memberi manfaat yang begitu besar bagi Orang Asli Papua (OAP). Hal tersebut telah dirasakan lewat akses bantuan pangan, akses kemajuan ekonomi, pendidikan, pelayanan kesehatan, perumahan, penyediaan air bersih hingga layanan komunikasi.

“Masyarakat merasakan dampak positif Otsus yang telah berjalan selama 20 tahun terakhir. Mereka sangat menantikan kelanjutan Otsus. Dan Otsus sangat dibutuhkan masyarakat asli Bumi Cenderawasih,” katanya.

Ia pun mengapresiasi upaya pemerintah untuk melanjutkan kebijakan Otsus di Papua. Sebab hal itu bisa memberikan jaminan keberlanjutan pembangunan dan masa depan yang cerah bagi generasi muda asli Papua.

“Saya juga sangat mendukung penuh program pemerintah terkait Daerah Otonom Baru (DOB). Papua juga sangat perlu pembangunan infrastruktur di setiap kabupaten dan kota,” ujarnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Peningkatan Infrastruktur di Bali Bukti Komitmen Indonesia Siap Selenggarakan WWF 2024

World Water Forum Ke-10 di Bali pada 18-24 Mei 2024 diharapkan akan menghasilkan berbagai solusi masalah air termasuk sanitasi...
- Advertisement -

Baca berita yang ini