Olimpiade Tokyo Terancam Batal Dihelat (Lagi)

Baca Juga

MATA INDONESIA, TOKYO – Sebuah petisi online yang menyerukan agar Olimpiade Tokyo dibatalkan telah mengumpulkan hampir 200 ribu tanda tangan. Munculnya petisi ini menyusul meningkatnya kekhawatiran publik atas penyelenggaran pesta olahraga dunia di tengah pandemi virus corona.

Dengan waktu kurang dari tiga bulan sebelum dimulainya Olimpiade musim panas – yang telah ditunda selama satu tahun karena virus corona, pertanyaan masih tentang bagaimana Tokyo dapat mengadakan pesta olahraga global itu dan menjaga para relawan, atlet, ofisial, dan publik Jepang tetap aman dari virus corona.

Dalam dua hari sejak peluncurannya, petisi “Hentikan Olimpiade Tokyo” telah mengumpulkan lebih dari 187 ribu tanda tangan, mendekati target 200 ribu dan menggarisbawahi keprihatinan publik atas penyelenggaraan acara olahraga besar-besaran di ibu kota Jepang tersebut.

Memerangi gelombang keempat pandemi virus corona dan berjuang dengan kampanye vaksinasi yang terbilang lamban, pemerintah Jepang berusaha untuk memperpanjang keadaan darurat di Tokyo dan tiga daerah lainnya hingga akhir Mei, dikatakan Menteri Ekonomi  Jepang.

Berdasarkan hasil jajak pendapat di Negeri Sakura, mayoritas publik menentang diadakan hajat akbar Olimpiade, yang rencananya akan dihelat pada 23 Juli 2021.

“Kami menyerukan pencegahan penyebaran virus corona dan perlindungan kehidupan dan mata pencaharian dengan menggunakan sumber daya yang tersedia untuk menghentikan Olimpiade,” tulis Kenji Utsunomiya, penyelenggara petisi online.

Sebagai catatan, Utsunomiya merupakan seorang pengacara yang telah beberapa kali mencalonkan diri sebagai gubernur Tokyo.

Sementara pihak penyelenggara Olimpiade Tokyo telah berulang kali mengatakan bahwa hajat akbar olahraga ini akan tetap terselenggara dengan menerapkan protokol kesehatan COVID-19 yang terperinci untuk para atlet dan ofisial.

Raksasa farmasi, Pfizer Inc (PFE.N) dan mitranya dari Jerman, BioNTech SE akan menyumbang vaksin virus corona untuk membantu pihak-pihak yang akan berpartisipasi dalam Olimpiade Tokyo.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini