OJK Rogoh Rp 520 Miliar Serap Produk Dalam Negeri

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Dalam tiga tahun terakhir sekitar 80 persen dari total anggaran Otoritas Jas Keuangan sebanyak Rp 647,2 miliar menyerap Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN). Jika dihitung, totalnya mencapai hampir Rp520 miliar.

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso menyatakan dukungannya terhadap program Afirmasi Pembelian dan Pemanfaatan Produk Dalam Negeri. Dalam rangka Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia.

“OJK juga memaksimalkan penggunaan komponen dalam negeri pada pembangunan dan penataan gedung OJK selama tiga tahun ini,” ujar Wimboh, Minggu, 27 Maret 2022.

Langkah memaksimalkan anggaran untuk menyerap produk lokal bertujuan untuk meningkatkan penggunaan produk dalam negeri. Terutama di sektor jasa keuangan. OJK, lanjutnya, juga akan terus melakukan pendataan dan memonitor pemanfaatan produk dalam negeri dari seluruh pelaku sektor jasa keuangan.

“OJK meyakini penggunaan produk dalam negeri dapat meningkatkan pertumbuhan industri. Dan perluasan lapangan kerja yang sangat penting dalam mendorong PDB (Produk Domestik Bruto) Indonesia,” kata  Wimboh.

Pemerintah telah menegaskan untuk terus mengoptimalkan pembelian produk dalam negeri. Terutama yang berasal dari Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sebagai langkah tindak lanjut aksi afirmasi pembelian dan pemanfaatan produk dalam negeri. Hal ini guna mendukung Bangga Buatan Indonesia dan bentuk dukungan pemerintah kepada industri dalam negeri.

Adapun secara total, target pembelian produk dalam negeri untuk belanja barang dan jasa pemerintah pada 2022 sebesar Rp 400 triliun. Berdasarkan hasil simulasi Badan Pusat Statistik (BPS), dampak terhadap pembelian produk dalam negeri senilai Rp 400 triliun dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 1,67 persen hingga 1,71 persen.

Anggaran pemerintah pusat, terutama pada belanja barang dan belanja modal melalui APBN Tahun 2022 sebesar Rp 538,9 triliun. Anggaran tersebut untuk belanja produk dalam negeri.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini