Obati Pasien Covid-19, Cina Beralih ke Ramuan Tradisional

Baca Juga

MATA INDONESIA, SHANGHAI – Virus corona yang masih mengintai membuat pemerintah Shanghai beralih ke ramuan tradisional. Jutaan obat tradisional (TCM) pun didistribusikan kepada penduduk.

Melansir Asia News Agency, Kamis, 7 April 2022, obat tradisional Cina seperti produk herbal dan kapsul, diyakini dapat mengobati infeksi Covid-19 dan mengendalikan wabah virus yang telah menewaskan lebih dari 6 juta jiwa di seluruh dunia.

Ibu kota komersial Cina – yang kini berada di bawah penguncian yang diperpanjang, melaporkan lebih dari 17 ribu infeksi Covid-19 baru pada Rabu (5/4), termasuk 311 kasus bergejala, di antara lebih dari 26 juta populasi.

Beberapa penduduk mengatakan bahwa mereka telah menerima kotak obat flu yang dijual bebas Lianhua Qingwen dari komite lingkungan dalam beberapa pekan terakhir. Warga yang tertular Covid-19 mengatakan bahwa mereka mengonsumsi obat TCM dengan dilarutkan di dalam air panas.

Sekitar 98 persen pasien Covid-19 Shanghai mengonsumsi TCM, dan tim pekerja TCM telah menyebar ke rumah sakit dan tempat karantina yang ditunjuk sejak wabah terbaru dimulai pada Maret.

Otoritas kesehatan Cina telah merekomendasikan beberapa obat dan bahan TCM, seperti Lianhua Qingwen, untuk dikonsumsi oleh pasien Covid-19, meskipun kurangnya data klinis yang dapat diandalkan membatasi penggunaannya di luar negeri.

Singapura, yang memiliki populasi etnis Cina yang besar, mengatakan pada November tahun lalu bahwa tidak ada bukti ilmiah dari uji klinis acak bahwa produk herbal apa pun, termasuk Lianhua Qingwen, dapat digunakan untuk mencegah atau mengobati Covid-19.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Semua Pihak Perlu Bersinergi Wujudkan Pilkada Damai

Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) merupakan momen penting dalam kehidupan demokrasi di Indonesia. Pilkada tidak hanya sekadar agenda politik,...
- Advertisement -

Baca berita yang ini