Nggak Cuma Penalti, Ini Kontroversi Lain Inggris vs Denmark

Baca Juga

MATA INDONESIA, LONDONInggris dinilai meraih kemenangan karena keputusan kontroversial wasit yang memberikan penalti. Tapi, ada satu kontroversi lagi yang dibahas.

Berlaga di Stadion Wembley, Kamis 8 Juli 2021 dini hari WIB, Inggris mengalahkan Denmark dengan skor 2-1 melalui babak tambahan 2×15 menit. Di laga normal, skor berakhir 1-1.

Denmark unggul lebih dulu melalui gol Mikkel Damsgaard. Inggris menyamakan skor berkat gol bunuh diri Simon Kjaer. Di babak tambahan waktu, gol kemenangan Tiga Singa dicetak Harry Kane.

Gol yang dicetak Kane awalnya merupakan tendangan penatli. Tapi, sepakannya bisa dimentahkan kiper Kasper Schmeichel. Bola liar diteruskan pemain Tottenham Hotspur itu menjadi gol.

Banyak yang mempertanyakan keabsahan penalti yang didapat Inggris. Wasit memberikan penalti setelah wasit Danny Makkelie menilai Raheem Sterling dijegal di kotak penalti.

Dalam tayangan ulang, tidak begitu jelas apakah Joakim Maehle melakukan kontak dengan Sterling. Di satu sisi, ada Mathias Jensen yang juga menempel pemain Manchester City itu. Terlihat ada sentuhan, tapi hanya minimal.

Tak hanya soal penalti, ada satu kontroversi lagi sebelum Sterling menerobos ke kotak penalti. Dalam sebuah tangkapan foto, tampak ada dua bola di dalam lapangan. Demikian dikutip dari Marca, Kamis 8 Juli 2021.

Di media sosial, ramai diperbincangkan bahwa bola yang harusnya digiring Sterling adalah yang berada lebih jauh satu atau dua meter, bukan bola yang dekat Sterling. Belum ada penjelasan ofisial pertandingan terkait insiden dua bola di dalam satu lapangan.

Terlepas dari semua kontroversi yang ada, Inggris akhirnya bisa melaju ke final Piala Eropa untuk pertama kalinya sepanjang sejarah. Terakhir kali The Three Lions melangkah ke final turnamen besar adalah Piala Dunia 1966 dimana mereka menjadi juara.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Menjaga Netralitas Aparatur Sipil Negara Demi Wujudkan Pilkada 2024 Berintegritas

Netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) merupakan aspek krusial dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). Sebagai pelayan publik, ASN memiliki...
- Advertisement -

Baca berita yang ini