NASA Temukan Suara Berdengung Misterius di Interstelar Space

Baca Juga

MATA INDONESIA, INTERNASIONAL – Ilmuwan NASA baru saja mengungkap, bahwa mereka telah menemukan suara unik seperti dengungan di ruang antarbintang atau interstelar space.

Suara misterius tersebut ditangkap oleh Voyager 1 yang telah mengelilingi luar angkasa sejak 1977 silam.

Ilmuwan menduga, suara berdengung yang unik tersebut, berasal dari gas antarbintang. Namun, ini masih bersifat hipotesa.

Menurut ahli astronomi Cornell University, James Cordes mengatakan, suara itu memiliki suara yang terdengar seperti hujan yang tenang dan lembut.

“Dalam kasus ledakan matahari, itu seperti mendeteksi ledakan petir dalam badai dan kemudian kembali menjadi hujan yang lembut,” kata Cordes, seperti dikutip pada Rabu 12 Mei 2021.

Sementara menurut mahasiswa doktoral Cornell University, Stella Koch Ocker, dengungan itu sebenarnya tak terlalu terdengar jelas, karena berada dalam bandwidth yang frekuensinya sempit.

Temuan ini pun membuat seluk beluk luar angkasa semakin menarik untuk terus didalami. Wahana Voyager 1 adalah salah satu pesawat antariksa tertua dan objek buatan manusia yang paling jauh dari Bumi.

Probe ini telah memasuki dekade keempat dari misinya. Setiap tahun, Vogayer 1 menempuh jarak 3,5 satuan astronomi (SA) (jarak antara Bumi dan matahari) dari kita. Sekarang, Vogayer 1 mengirim pesan ke Bumi bahkan saat ia bersiap untuk meninggalkan tata surya ini.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

BEM Nusantara DIY Gelar Aksi Peringatan Hari Buruh Internasional

Mata Indonesia, Yogyakarta - BEM Nusantara DIY melakukan aksi peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day di Titik Nol Yogyakarta pada Rabu, 1 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini