Naiknya Harga BBM dan Krisis Energi Momentum Pengembangan Energi Alternatif

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Energi alternatif berbasis energi baru terbarukan (EBT), yang bersumber dari matahari, angin, dan air, sepertinya sangat tepat waktunya dikembangkan saat ini.

Pasalnya, pemerintah secara resmi menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite, Pertamax, dan Solar sejak Sabtu, 3 September 2022.

Pengembangan energi alternatif di masa transisi energi ini juga dapat membantu mendorong pemanfaatan energi baru terbarukan (EBT).

Ini sebagaimana pemerintah sudah menargetkan porsi EBT pada bauran energi sebesar 23 persen pada 2025 dan naik menjadi 31 persen pada 2050.

CEO sekaligus founder Baran Energy, Victor Wirawan mengatakan siap bekerjasama, baik dengan swasta lainnya maupun dengan pemerintah dalam pengembangan energi alternatif berbasis EBT yang terkenal ramah lingkungan ini.

Victor menyampaikan, Baran Energy sejak beberapa waktu terakhir telah mengembangkan beberapa teknologi berbasis EBT, di antaranya adalah motor listrik Anubis Cruisercross yang menggunakan baterai berkapasitas 8,3 kWH.

Selain motor listrik, sambung Victor, Baran Energy juga telah mengembangkan energy storage system (penyimpan daya skala besar) yang diberinama Baran Power Home.

“Kenaikan harga BBM dan terus berlanjutnya krisis energi di masa transisi energi ini, akan menjadi momentum pelaku industri EBT, baik swasta maupun pemerintah untuk kembali mengembangkan energi alternatif,” katanya.

Victor melanjutkan, di tengah terus berlanjutnya krisis energi dan semakin meningkatnya harga bahan bakar fosil di berbagai belahan dunia, teknologi Power Home akan menjadi perangkat utama di rumah untuk mencegah pemadaman ketika ada mati listrik. Produk kita akan menghemat tagihan bulanan sebesar 60 persen.

Victor menjelaskan, cara atau sistem kerja Baran Power Home ini cukup sederhana, yaitu perangkat teknologi ini akan menyimpan daya dari solar panel yang dipasang di atap bangunan ketika siang hari.

Nantinya, energi yang sudah tersimpan akan digunakan pada saat malam hari, atau saat dibutuhkan.

Sementara, kelebihan energinya secara otomatis disalurkan ke penampung, berupa Baran Power Home untuk bisa dimanfaatkan pada malam hari, atau saat kekurangan pasokan listrik,” kata Victor.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Antonius Fokki Ardiyanto Anggota DPRD Kota Yogya Tertarik Posisi Calon Wakil Wali Kota Yogyakarta

Mata Indonesia, Yogyakarta - Antonius Fokki Ardiyanto atau sapaan akrabnya Fokki yang saat ini masih aktif sebagai Anggota DPRD Kota Yogyakarta telah melakukan pendaftaran diri Bakal Calon Wakil Wali Kota Yogya, melalui PDI Perjuangan Jumat (3/5/2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini