Musim Pancaroba Berpotensi terjadi Bencana, BPBD Bantul Papras Pohon Hindari Korban Jiwa

Baca Juga

Mata Indonesia, Yogyakarta – Musim pancaroba diprediksi terjadi pada awal November 2023. Hal itu diawali dengan hujan lebat di sejumlah titik yang ada di daerah termasuk di DIY.

Menanggulangi potensi bencana di peralihan musim atau pancaroba ini sejumlah langkah dilakukan BPBD Bantul. Salah satunya memangkas dahan pohon yang berbahaya untuk menghindari adanya korban tertimpa dahan-dahan tersebut.

“Informasinya yang ingin kami sampaikan sederhana, jadi masyarakat harus merawat pohon-pohon tua yang punya potensi tumbang ketika ada orang yang melintas. Jadi bisa terlihat dari dahan pohon yang berbahaya harus diantisipasi sejak dini,” ujar Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik, BPBD Bantul, Antoni Hutagaol, Rabu 1 November 2023.

Ia mengingatkan potensi besar jatuhnya korban saat terjadi bencana memang ada di lingkungan sekitar. Menutup Antoni menanggulangi lebih utama untuk menghindari warga terluka.

“Jadi harus diperhatikan betul. Kami juga tetap mendampingi jika memang ada titik rawan (pohon tua) yang ada di Bantul untuk ditangani lebih cepat,” terang dia.

Tak hanya pohon, saluran-saluran air di beberapa rumah warga wajib menjadi perhatian. Tak jarang munculnya banjir lantaran saluran air rumah tangga yang tersumbat.

Menunggu hujan tiba, BPBD juga mengingatkan kepada warga untuk menampung air, terutama warga yang berada di wilayah kesulitan air.

“Awal November bisa jadi turun hujan. Tapi untuk hujan merata baru terjadi di Desember nanti. Memang di November akan hujan, tapi intensitasnya masih sedikit,” kata dia.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Semua Pihak Perlu Bersinergi Wujudkan Pilkada Damai

Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) merupakan momen penting dalam kehidupan demokrasi di Indonesia. Pilkada tidak hanya sekadar agenda politik,...
- Advertisement -

Baca berita yang ini