MUI: Sambut Tahun Baru Islam dengan Keimanan dan Ketakwaan

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA – Alhamdulillah, Tahun Baru 1 Muharram 1441 Hijriyah menghampiri kita kembali. Tentu saja hari ini menjadi kebahagiaan bagi seluruh umat Islam di dunia.

Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengimbau kepada semua Muslimin di Indonesia agar menyambut tahun baru dengan penuh keimanan, ketakwaan, hati yang ikhlas, damai serta khusyuk.

“Masuki tahun baru 1 Muharram 1441 Hijriyah dengan semangat hijrah menuju kesalehan dan kemenangan hakiki,” kata Wakil Ketua Umum MUI KH Zainut Tauhid Sa’adi, Sabtu 31 Agustus 2019.

Menurutnya, hijrah harus dimaknai sebagai proses transformasi dari kegelapan menuju peradaban yang mencerahkan dalam konteks pribadi hingga kebangsaan.

Zainut berkata, semangat hijrah harus dapat dijadikan acuan pengembangan akhlak dan perilaku umat Islam yang toleran, seimbang dan adil dalam menjalankan agama.

Semangat hijrah itu harus membawa umat ke arah yang baik dan tidak terjebak dalam pertentangan serta perselisihan sempit, serta mengarah pada upaya mewujudkan persaudaraan Islam.

Selain itu, Zainut berkata tahun baru Hijriyah harus dihubungkan dengan semangat HUT Kemerdekaan ke-74 RI, untuk merekatkan dan mengukuhkan kembali persaudaraan serta komitmen kebangsaan.

“Tahun baru harus menciptakan kehidupan bernegara yang rukun, saling menghormati, mencintai dan menolong dalam bingkai NKRI,” kata KH Zainut.

Berita Terbaru

Peningkatan Infrastruktur di Bali Bukti Komitmen Indonesia Siap Selenggarakan WWF 2024

World Water Forum Ke-10 di Bali pada 18-24 Mei 2024 diharapkan akan menghasilkan berbagai solusi masalah air termasuk sanitasi...
- Advertisement -

Baca berita yang ini