MATA INDONESIA, JAKARTA – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiago Uno menyebut, gelaran balapan MotoGP Mandalika menjadi ajang promosi kuliner Indonesia.
MotoGP Mandalika akan digelar pada 18-20 Maret 2022. Sandiaga mengatakan, kearifan lokal dan kuliner Indonesia harus ditunjukkan di ajang MotoGP Mandalika yang menjadi pusat perhatian dunia dan diperkirakan ditonton 400 juta orang.
Pada Minggu 13 Maret 2022, Sandiaga melepas 10 food truck untuk mempromosikan kuliner pada ajang balapan MotoGP Mandalika.
“Ini menjadi bukti ragam kekayaan bangsa Indonesia dan patut dibanggakan dan dirayakan bersama warga dunia, sekaligus salah satu tulang punggung perekonomian kreatif Indonesia,” ujar Sandiaga.
“Upaya promosi kuliner ini merupakan bagian dari program ‘Spice Up The World’ karena pemerintah ingin menjadikan Indonesia sebagai salah satu destinasi gastronomi unggulan yang harus dipromosikan melalui produk-produk kuliner,” katanya.
Sandiaga mengatakan, sekitar 42-45 persen lapangan kerja diciptakan oleh sektor kuliner. Untuk itu, perlu ditingkatkan kekuatan kuliner Indonesia ke level global dengan memanfaatkan ajang balap internasional tersebut.
Dalam hal ini, Kemenparekraf bekerja sama dengan Bango mengadakan Festival Jajanan Bango (FJB) Mandalika 2022 untuk mengenalkan ragam kuliner Nusantara.
“Harapan saya dengan adanya food truck dan FJB kita bisa meningkatkan pelayanan 20-30 persen dari transaksi kuliner yang ada di sana. Karena kita ingin menciptakan antara 35-50 ribu lapangan kerja baru sebagai bagian dari kebangkitan ekonomi di Mandalika,” ungkapnya.