Misteri Kematian Mengenaskan Presiden Haiti Mulai Terkuak

Baca Juga

MATA INDONESIA, PORT AU PRINCE – Masih ingat dengan kematian Presiden Haiti, Jovenel Moise yang tewas ditembak oleh beberapa orang bersenjata dengan senapan serbu di kediaman pribadinya di Port Au Prince pada 7 Juli 2021? Misteri kematian sang presiden perlahan mulai terkuak.

Setelah dilakukan penyelidikan, diketahui bahwa mayoritas dari kelompok pembunuh sang presiden adalah tentara bayaran Kolombia. Laporan terbaru mengatakan, seorang pejabat tinggi keamanan Presiden Moise ditangkap oleh polisi karena dicurigai terlibat dalam rencana pembunuhan tersebut.

Koordinator Keamanan Presiden, Jean Laguel Civil ditangkap, pengacaranya Reynold Georges mengatakan. Penangkapan Civil menyusul penahanan sebelumnya terhadap anggota senior keamanan Moise lainnya, yakni Dimitri Herard.

Pada Selasa (27/7), sebuah memo tertanggal 10 Juli yang ditandatangani oleh Herard menjelaskan bahwa peristiwa malam pembunuhan itu bocor di media sosial. Namun, Reuters tidak belum dapat mengkonfirmasi keasliannya.

Dalam dokumen tiga halaman itu, Herard mengatakan dia telah menerima panggilan bantuan dari Moise pada pukul 01:39 pagi waktu setempat, tanggal 7 Juli, di mana ia menuju kediaman presiden dan memerintahkan bala bantuan.

Herard mencatat bahwa dia menerima kabar tentang banyaknya ledakan di dekat rumah Moise. Di dekat pintu masuk, mereka dihadang oleh pria berpakaian serba hitam yang memerintahkan mereka untuk mundur, dengan mengatakan mereka adalah bagian dari operasi yang dijalankan oleh Drug Enforcement Administration (DEA) Amerika Serikat.

Karena kelompoknya kalah jumlah, kelompok Herard pun mundur. Mereka kemudian merencanakan serangan terhadap musuh mereka setelah mengetahui tepat pada pukul 03.00 pagi bahwa Presiden Moise telah meninggal, tambahnya.

Dalam pertempuran berikutnya pada sore hari tanggal 7 Juli, tiga warga Kolombia tewas, kata Herard, juga mencatat dalam memo bahwa tiga sandera polisi dibebaskan.

Banyak pertanyaan yang belum terjawab tentang siapa yang berada di balik pembunuhan itu dan bagaimana para pembunuh itu bisa mendapatkan akses masuk ke rumah presiden.

Biro Investigasi Federal A.S. melakukan penggerebekan terkait dengan pembunuhan Moise di sebuah komunitas yang terjaga keamanannya di Florida, juru bicara badan tersebut mengkonfirmasi setelah laporan media tentang insiden tersebut.

“FBI dan (Keamanan Dalam Negeri AS) sedang melakukan kegiatan penegakan hukum yang diperintahkan pengadilan di sekitar lokasi. Surat pernyataan yang mendukung surat perintah penggeledahan telah disegel oleh pengadilan,” kata juru bicara FBI kepada Reuters dalam sebuah pernyataan, tanpa memberikan penjelasan lebih lanjut.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Wabup Sleman : Ini Komitmen Kita Untuk Membersamai Seluruh Umat Beragama

Mata Indonesia, Sleman - Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa menghadiri kegiatan Doa Syukur Umat Hindu dalam rangka menyambut Hari Jadi ke-108 Kabupaten Sleman yang bertempat di Pura Widya Dharma, Dero, Wedomartani, Ngemplak pada Minggu (12/5).
- Advertisement -

Baca berita yang ini