Menteri Luhut Bolehkan Ojek Angkut Penumpang Selama PSBB

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Menteri Luhut Binsar Panjaitan mengeluarkan peraturan yang membolehkan pengemudi ojek online untuk mengangkut penumpang dengan syarat mematuhi protokol kesehatan.

Hal itu tercantum dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 18 Tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi untuk Mencegah Penyebaran Corona atau Covid19. Peraturan itu ditetapkan 9 April 2020.

“Untuk sepeda motor dapat mengangkut penumpang dengan ketentuan harus memenuhi protokol kesehatan seperti dilakukan untuk aktivitas lain yang diperbolehkan selama PSBB, melakukan disinfeksi kendaraan dan atribut sebelum dan setelah selesai digunakan, menggunakan masker dan sarung tangan, dan tidak berkendara jika sedang mengalami suhu badan di atas normal atau sakit,” kata juru bicara Kemenhub Adita Irawati, Sabtu 11 April 2020.

Permenhub itu juga mengatur transportasi umum maupun pribadi. Adita menjelaskan, peraturan itu mengatur beberapa hal yang harus dilakukan para pengendara yakni pada saat persiapan berangkat, saat di perjalanan dan saat sampai tempat tujuan.

Permen itu berlaku bagi transportasi umum maupun pribadi serta transportasi yang mengangkut barang dan logistik di seluruh wilayah termasuk wilayah yang menerapkan PSBB (pembatasan sosial berskala besar).

Inti dari aturan itu adalah untuk melakukan pengendalian transportasi dalam rangka mencegah penyebaran COVID-19, dengan tetap memenuhi kebutuhan masyarakat akan sarana transportasi. Terutama untuk mereka yang tidak bisa melakukan kerja dari rumah.

Salah satu aturan dalam Permenhub itu yakni mengatur pengendalian transportasi di wilayah yang ditetapkan sebagai PSBB.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Perjuangkan Kesejahteraan Buruh dan Petani, Dani Eko Wiyono Siap Maju Calon Bupati Sleman Melalui Jalur Independen

Mata Indonesia, Sleman - Alumni aktivis 98 sekaligus aktivis yang selalu menyuarakan aspirasi buruh/pekerja Daerah Istimewa Yogyakarta, Dani Eko Wiyono ST. MT ini bertekad maju bakal calon bupati Sleman dalam Pilkada Sleman nanti. Dani menilai, hingga saat ini, mayoritas kehidupan buruh masih sangat jauh dari kata sejahtera. Buruh masih dianggap hanya sebagai tulang punggung ekonomi bangsa tanpa diperjuangkan nasib hidupnya.
- Advertisement -

Baca berita yang ini