Menlu AS Tiba di India

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Mike Pompeo mendarat di India, Senin (26/10). Ini merupakan kunjungan pertama Pompeo dari serangkaian kunjungannya selama lima hari di kawasan Asia.

Agenda Pompeo di sejumlah negara di kawasan Asia adalah untuk memperkuat hubungan strategis dalam menghadapi pengaruh Cina. Bukan rahasia bila Negeri Tirai Bambu kini menjelma menjadi salah satu kekuatan yang patut diperhitungkan.

Pompeo disambut oleh Duta Besar AS di India, Kenneth Juster di Bandara New Delhi. Dalam agendanya, Pompeo akan bertemu dengan Menteri Luar Negeri India, Subrahmanyam Jaishankar, Senin (26/10) malam waktu setempat.

Agenda AS di India merupakan bagian dari upaya terbaru Negeri Paman Sam untuk mendukung sekutu melawan Cina, yang telah membuat terobosan politik dan militer di seluruh kawasan Asia, kata para analis, melansir Reuters, Senin, 26 Oktober 2020.

Usai India, Pompeo akan melakukan perjalanan ke Sri Lanka dan Maladewa. Sebagaimana diketahui, Cina telah membiayai dan membangun berbagai infrastruktur di dua negara yang berada di Samudera Hindia itu. Fakta ini pun membuat India dan Amerika Serikat waspada.

Pompeo akan mengakhiri perjalanannya di Indonesia –salah satu dari beberapa negara di Asia Tenggara yang khawatir dengan meningkatnya aktivitas Cina di Laut Cina Selatan yang menjadi sengketa.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini