Menghilang 5 Bulan, Istri Kim Jong Un Muncul ke Permukaan

Baca Juga

MATA INDONESIA, PYONGYANG – Istri pemimpin Korea Utara Kim Jong-un, Ri Sol-ju, muncul di media pemerintah untuk pertama kalinya pada Rabu (2/2), setelah lima bulan menghilang.

“Kim dan Ri menghadiri pertunjukan seni di Teater Seni Mansudae di ibukota Pyongyang untuk merayakan liburan Tahun Baru Imlek,” kata kantor berita resmi KCNA, melansir SCMP.

Ri terakhir terlihat di depan umum pada 9 September 2021, ketika ia bergabung dengan suaminya mengunjungi Istana Matahari Kumsusan, yang menampung jenazah kakek dan mendiang ayah Kim yang dibalsem, pada peringatan pendirian negara itu.

“Ketika (Kim) muncul di auditorium teater bersama istrinya, Ri Sol Ju, di tengah pemutaran musik selamat datang, para penonton mengangkat sorakan ‘Hore!’” sambung KCNA.

Tayangan televisi negara menunjukkan Ri yang mengenakan gaun hanbok tradisional berwarna merah-hitam, terlihat mengobrol dan tersenyum dengan Kim selama pertunjukan. Pasangan itu kemudian naik ke panggung untuk berjabat tangan dan berfoto dengan para artis.

KCNA juga mengkonfirmasi penampilan pertama bibi Kim sejak Januari 2020, Kim Kyong-hui. Sang bibi yang merupakan mantan pejabat senior Partai Buruh yang berkuasa itu terlihat menonton konser duduk di sebelah Ri.

Kim Kyong-hui adalah tokoh kunci dalam tahun-tahun pertama pemimpin muda itu berkuasa, tetapi menghilang dari media setelah dia memerintahkan eksekusi suaminya yang berkuasa, Jang Song-thaek, atas tuduhan pengkhianatan pada 2013.

Ri pernah mendapat perhatian internasional karena dia sering menemani Kim dalam acara sosial, bisnis, dan bahkan militer, sangat berbeda dengan ayahnya, Kim Jong-il, yang jarang terlihat di depan umum dengan salah satu istrinya.

Dia telah menghilang dari hadapan media pemerintah selama lebih dari setahun sebelum terlihat menghadiri konser Februari lalu, memicu spekulasi tentang kesehatannya dan potensi kehamilan.

Badan Intelijen Nasional Korea Selatan mengatakan kepada anggota parlemen bahwa dia tampaknya menahan diri dari kegiatan di luar untuk mencegah infeksi Covid-19 tetapi bermain baik dengan anak-anak mereka.

Agen mata-mata Korea Selatan percaya bahwa Kim dan Ri memiliki tiga anak, tetapi sedikit yang diketahui publik tentang kehidupan mereka.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Tindakan OPM Semakin Keji, Negara Tegaskan Tidak Akan Kalah Lawan Pemberontak

Organisasi Papua Merdeka (OPM) banyak melancarkan aksi kekejaman yang semakin keji. Maka dari itu, negara harus tegas untuk tidak...
- Advertisement -

Baca berita yang ini