Menakar Arah Dukungan Demokrat Gunungkidul jelang Pilkada 2024

Baca Juga

Dalam dua pekan mendatang, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Gunungkidul akan mengumumkan keputusan koalisi dan arah dukungan dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Sekretaris DPC Partai Demokrat Gunungkidul, Eko Rustanto, menyatakan bahwa hingga saat ini belum ada keputusan resmi mengenai koalisi dan dukungan yang akan diberikan.

“Kemungkinan dalam dua minggu ini sudah ada keputusan koalisi dan dukungan calon kepala daerah yang kami usung,” ujar Eko Minggu 23 Juni 2024.

Eko juga menambahkan bahwa pendaftaran bakal calon bupati dan wakil bupati dari Partai Demokrat telah diperpanjang hingga akhir Juli 2024. Beberapa pendaftar yang telah terdaftar termasuk Wakil Bupati Gunungkidul Heri Susanto, Mahmud Ardi Widanto, Eko Rustanto, dan Erlia Risti.

Mahmud Ardi Widanto, putra Bendahara Umum DPP PAN, telah menerima surat rekomendasi dari internal PAN untuk maju sebagai calon wakil bupati Gunungkidul. Meskipun demikian, Ardi belum menemukan pasangan untuk maju dalam kontestasi. Namun, Ardi diketahui sering berkomunikasi dengan Bupati Gunungkidul Sunaryanta.

“Pada bulan Juni ini, meskipun saya lupa tanggal pastinya, saya bertemu dengan Pak Sunaryanta. Kami berbicara tentang persoalan Gunungkidul,” kata Ardi.

Sekretaris DPD PAN Gunungkidul, Anwarudin, membenarkan bahwa Mahmud Ardi Widanto sering berkomunikasi dengan Bupati Gunungkidul.

“Intensitas pertemuan Mas Ardi dengan inkumben, Pak Sunaryanta, memang sering,” ujarnya.

Sunaryanta sendiri baru saja menerima surat penugasan dari DPP Golkar untuk kembali maju sebagai calon bupati. Namun, dia belum menerima surat rekomendasi resmi.

Meski begitu, sudah ada dua partai politik yang berniat mengusungnya, yaitu DPD Golkar dan DPC PKB. Ketua DPC PKB Gunungkidul, Sutiyo, menyatakan bahwa surat rekomendasi baru akan turun pada Agustus 2024.

Tiga Partai Usung Sutrisna Wibawa-Sumanto

Sementara itu, tiga partai politik lainnya, yaitu DPD Partai Nasdem, DPD PKS, dan DPC Gerindra Gunungkidul, telah mendeklarasikan koalisi dan dukungan mereka.

Deklarasi ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman ketiga partai di Gunung Kanun, Padukuhan Gelung, Kalurahan Gari, Kapanewon Wonosari, Gunungkidul pada Rabu 5 Juni 2024 malam.

Mereka sepakat mengusung Sutrisna Wibawa-Sumanto sebagai pasangan calon. Meskipun sudah ada penandatanganan, hingga Jumat, 21 Juni 2024 belum ada surat rekomendasi dari DPP.

Ketua DPC Partai Gerindra Gunungkidul, Purwanto, mengatakan bahwa surat rekomendasi dari DPP Gerindra kemungkinan akan turun pada bulan Agustus.

“Insyallah surat rekomendasi akan turun mungkin di bulan Agustus,” ujar Purwanto.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Status Siaga Gunung Merapi Diperpanjang, Pemkab Sleman Terapkan Simulasi Mitigasi Bencana

Sleman – BPBD Kabupaten Sleman melakukan kegiatan simulasi penanganan bencana Gunung Merapi di Barak Pengungsian dan Balai Desa Kalurahan...
- Advertisement -

Baca berita yang ini