Menag Yaqut: Akhir Mei Semua Calon Haji Ditargetkan Selesai Divaksin

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Tahun ini memang belum ada kepastian dari pemerintah Kerajaan Arab Saudi soal haji. Namun, pemerintah memastikan bahwa semua calon haji menjalani suntikan vaksin covid-19.

“Kami sudah bicara dan bersurat kepada Menteri Kesehatan dan Insyaallah semua jemaah calon haji yang berangkat dipastikan sudah disuntik vaksin,” kata Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas, Jumat 26 Maret 2021.

Dia memastikan semua calon haji, bukan hanya kategori lanjut usia (lansia), yang menerima vaksin Covid-19. Dia mengungkapkan Pemerintah Kerajaan Arab Saudi telah mensyaratkan siapapun yang masuk ke negaranya harus sudah disuntik vaksin.

“Vaksinasi dilakukan secepatnya. Target pada akhir Mei 2021 semua jemaah calon haji sudah disuntik vaksin,” ujarnya.

Ia mengatakan vaksinasi untuk calon haji diberikan secara gratis sehingga pihaknya segera membahas dengan DPR agar pembiayaan tidak diberatkan.

“Itukan (soal pembiayaan, red.) harus berhitung dengan DPR, apakah ditambah atau tidak. Kalau toh ditambah, kami punya dana manfaat yang dikelola Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH),” katanya.

Dia mengatakan tentang pentingnya vaksinasi itu tidak memberatkan calon haji, terlebih terkait dengan pembiayaan.

Mengenai kapan pelaksanaan ibadah haji akan dibuka, Yaqut belum bisa memastikan karena menunggu informasi dari Kerajaan Arab Saudi. Kendati demikian, Kemenag terus menjalin komunikasi dengan Pemerintah Kerajaan Arab Saudi terkait dengan pelaksanaan ibadah haji tahun ini.

“Kami bicara terus dan mereka sudah melakukan persiapan-persiapan, skenario-skenario, ya kita tunggu saja. Karena yang punya hak membuka haji kan Kerajaan Arab Saudi. Kalau nantinya dibuka kita sudah siap karena semua persiapan teknis sudah dikerjakan. Untuk kuota kami belum tahu, tapi logikanya pasti berkurang,” katanya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Semua Pihak Perlu Bersinergi Wujudkan Pilkada Damai

Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) merupakan momen penting dalam kehidupan demokrasi di Indonesia. Pilkada tidak hanya sekadar agenda politik,...
- Advertisement -

Baca berita yang ini