Melonjak Tajam saat Lebaran, Harga Cabai di Bantul justru Turun Drastis Awal Mei Ini

Baca Juga

Mata Indonesia, Bantul – Pedagang di Pasar Bantul mengungkapkan bahwa harga cabai telah mengalami penurunan signifikan setelah Lebaran.

Saat ini, harga jual cabai berkisar antara Rp20-30 ribu per kilogram.

Menurut Wiyoso, seorang pedagang di Pasar Bantul, dirinya menjual cabai merah keriting seharga Rp22 ribu per kilogram dan cabai rawit merah seharga Rp24 ribu per kilogram.

“Lebaran kemarin harga cabai tembus sampai Rp35-40 ribu per kilogram. Turunnya pas awal Mei sampai hari ini,” ungkapnya dihubungi Senin 15 Mei 2023.

Selain itu, ia juga mengatakan bahwa harga tomat telah turun menjadi Rp14 ribu per kilogram dari harga pasca-Lebaran sebesar Rp24 ribu per kilogram.

Meski harga cabai saat ini murah, ia tidak mengambil stok dalam jumlah besar karena daya tahannya yang terbatas. Ia khawatir cabai tersebut akan membusuk dan sulit terjual.

“Antisipasi saja biasa kalau harga sudah turun begini memang sengaja tidak ambil banyak. Kalau busuk kita juga repot,” terang dia.

Terpisah, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Bantul, Joko Waluyo, menjelaskan bahwa kenaikan harga cabai disebabkan oleh panen cabai di beberapa sentra pertanian di wilayah tersebut.

“Banyak yang panen dan stok melimpah sehingga, penambahan stok ini mengakibatkan penurunan harga. Di samping itu permintaan pembeli juga turun pasca lebaran kemarin,” terang dia.

Meskipun demikian, Joko mengklaim bahwa petani cabai masih mendapatkan keuntungan dengan harga jual sebesar Rp20-30 ribu per kilogram kepada para pedagang. Menurutnya, Break Even Point cabai berada pada kisaran Rp12.000 per kilogram.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Mengulik Strategi Gerindra di Pilkada Sleman, Gabung Koalisi dulu sambil Jalan Pilih Kandidat Potensial

Mata Indonesia, Sleman- Peta politik untuk pemilihan kepala daerah di Kabupaten Sleman terus berkembang dinamis menjelang Pilkada Sleman 2024. Sejumlah partai politik aktif membentuk koalisi strategis, salah satunya adalah DPC Gerindra Sleman.
- Advertisement -

Baca berita yang ini