Mau Panjang Umur? Coba Konsumsi Minuman Ini Dua Gelas Sehari

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA-Kopi memang menjadi minuman kekinian dan menu wajib masyarakat Indonesia. Selain memiliki aroma khas, ternyata minuman berwarna hitam pekat ini memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh.

Menurut pemelitian meminum kopi dua gelas sehari dapat meningkatkan harapan hidup seseorang hingga dua tahun. Hal ini karena kafein diketahui memiliki berbagai efek ke tubuh manusia, baik negatif maupun positif.

Dilansir Worrldofbuzz dari Malay Mail, penelitian bagaimana kafein ini mempengaruhi tubuh ini sudah menjadi subjek selama bertahun-tahun. Pada 2017, sebuah penelitian diterbitkan di British Medical Journal (BMJ).

Penelitian ini menemukan bahwa meminum 3-4 gelas kopi sehari diduga memiliki efek yang baik. Efeknya yaitu menurunkan resiko kematian dan berkembangnya penyakit jantung dibandingkan mereka yang tidak minum.

Meminum kopi juga berhubungan dengan rendahnya resiko diabetes, dementia, penyakit kanker tertentu dan penyakit hati. Pada penelitian terbaru yang diterbitkan di The European Journal of Epidemiology, terdapat temuan yang serupa.

Peneliti juga menjelaskan bahwa penuaan, obesitas dan gaya hidup menjadi faktor yang mempengaruhi kematian. “Seiring faktor penuaan, obesitas dan gaya hidup menjadi faktor yang menyebabkan kematian.”

Hubungan antarakopi dan kematian perlu diperiksa dari berbagai sub-populasi dan berdasarkan subjeknya. Studi ini juga menemukan turunnya angka kematian yang berhubungan dengan konsumsi kopi lebih banyak terjadi di Asia dan Eropa ketimbang Amerika.

Berita Terbaru

Jelang Hari Buruh Sedunia, Polda DIY Serahkan Bantuan Sembako

Mata Indonesia, Yogyakarta – Memperingati Hari Buruh Sedunia, Kapolda DIY Irjen Pol Suwondo Nainggolan, S.I.K., M.H., menyerahkan bantuan sembako kepada Koperasi Konsumen Persatuan Buruh DIY di Gedung Pertemuan Bumi Putera Yogyakarta, Pakualaman, Kota Yogyakarta, Selasa (30/4/2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini