Masuk Kandidat Capres 2024 Partai Nasdem, Siapa Andika Perkasa?

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Nama Andika Perkasa mulai menjadi perbincangan karena bakal isi daftar Calon Presiden periode 2024 dari partai Nasional Demokrat (Nasdem). Namanya diusulkan bersaing bersama Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo berdasarkan hasil Rakernas Partai Nasdem pada 15-17 Juni 2022 di JCC Senayan, Jakarta.

Pria yang memiliki nama lengkap Fransiskus Xaverius Emanuel Andika Perkasa merupakan Jenderal Panglima TNI yang di lantik pada 17 November 2021 lalu oleh Presiden Jokowi menggantikan Marsekal TNI (Purn.) Hadi Tjahjanto.

Andika lahir tanggal 21 Desember 1964. Dirinya menempuh pendidikan diberagam universitas yakni Tahun 1987 di Akademi Militer kemudian 1999 melanjutkan pendidikan di The Military College of Vermont, Norwich University, Northfield, Vermont, Amerika Serikat.

Andika mendapat gelar lulusan terbaik di Sekolah Staf dan Komando Angkatan darat pada tahun 1999-2000, lalu kembali mengeyam pendidikan di National War College, National Defense University, Washington D.C tahun 2003. Setelah itu menjadi lulusan Harvard University, Massachusetts, Amerika Serikat pada tahun 2004 dan 2005 dirinya bergabung di The Trachtenberg School of Public Policy and Public Administration, The George Washington University.

Andika Perkasa mulai menjabat sebagai perwira tinggi TNI AD pada November 2018 sebagai Kepala Staff Angkatan Darat, sebelum memulai karirnya menjadi perwira tinggi Andika sudah memiliki rentetan pengalaman di bidang militer.

Berikut daftar jabatan militer yang pernah dipegang Jenderal Andika Perkasa:

1. Komandan Resort Militer 023 Kawal Samudra

2. Kodam 1 Bukit Barisan berkedudukan di Kota Sibolga, Provinsi Sumatra Utara pada tahun 2012

3. Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Darat tahun 2013

4. Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) tahun 2014

5. Panglima Komando Daerah 12 Tanjungpura tahun 2016

6. Komandan Komando Pembina Doktrin Pendidikan dan Latihan Angkatan Darat tahun 2018

7. Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) ke-39 tahun 2018

8. Kepala Staf TNI Angkatan Darat ke-32 tahun 2018.

Tidak sampai disitu, saat masa pandemi Covid-19 Andika juga aktif turun sebagai pimpinan yang mengeluarkan kebijakan distribusi logistik dan multivitamin bagi seluruh tenaga medis di seluruh rumah sakit TNI AD.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini