Marak Kebakaran di Pasar, Ikappi Imbau Pedagang Ronda Malam

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Maraknya kebakaran di beberapa pasar di Jakarta, Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (Ikappi) DKI Jakarta, Miftahudin, mengimbau kepada pedagang pasar melakukan ronda keliling setiap sore dan malam hari setelah pasar tutup.

“Para pedagang harus saling berkonsolidasi antarblok,” ujar Miftahudin, Selasa, 13 April 2021.

Imbauan itu disampaikan setelah terjadi kebakaran di dua pasar tradisional Ibu Kota dalam waktu yang berdekatan, yakni di Pasar Kambing Tanah Abang dengan jumlah kerugian sekitar Rp 1 miliar lebih dan berikutnya malam ini terjadi di Pasar Minggu.

Selain itu, DPW Ikappi meminta PD Pasar Jaya menyediakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) untuk mengantisipasi kebakaran secara dini.

Menurut dia, kebakaran di bulan Ramadan merupakan pukulan berat bagi pedagang pasar. Jika tidak diantisipasi dengan baik, kata dia, kebakaran dapat menimbulkan kerugian yang besar.

Pasar Inpres Pasar Minggu terdiri dari lima blok yakni B,C,D,E dan F.Senin, 12 April sekitar pukul 18.30 WIB, blok C dengan tiga lantai itu kebakaran.

Kepala Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI Jakarta Satriadi Gunawan memperkirakan sekitar 300 tempat usaha atau kios terbakar.

Kebakaran paling parah terjadi di lantai bawah tanah (basement) blok itu. Lapak bawah tanah menjual bahan pangan hingga ayam hidup. Lantai satu menjual sayuran dan daging dan lantai dua tempat parkir.

Beberapa kendaraan seperti sepeda motor dan mobil juga terbakar. Saat ini, di blok C masih terpasang garis polisi. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran Pasar Minggu itu, namun kerugian ditaksir miliaran rupiah.

Miftahudin mengatakan dua kebakaran besar itu menjadi alarm bagi pasar lain yang ada di Ibu Kota agar lebih waspada. Ia mendorong agar Pemerintah DKI mengambil alih upaya percepatan pembangunan penampungan sementara untuk pedagang Pasar Minggu.

“Karena ini adalah bulannya panen pedagang maka kami berharap agar pemerintah lebih cepat dan responsif terhadap upaya-upaya penanganan,” katanya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Perjuangkan Kesejahteraan Buruh dan Petani, Dani Eko Wiyono Siap Maju Calon Bupati Sleman Melalui Jalur Independen

Mata Indonesia, Sleman - Alumni aktivis 98 sekaligus aktivis yang selalu menyuarakan aspirasi buruh/pekerja Daerah Istimewa Yogyakarta, Dani Eko Wiyono ST. MT ini bertekad maju bakal calon bupati Sleman dalam Pilkada Sleman nanti. Dani menilai, hingga saat ini, mayoritas kehidupan buruh masih sangat jauh dari kata sejahtera. Buruh masih dianggap hanya sebagai tulang punggung ekonomi bangsa tanpa diperjuangkan nasib hidupnya.
- Advertisement -

Baca berita yang ini