Mantul, Berbagai Macam Kanker Bisa Sembuh dengan Radioterapi

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Siapa sangka menyembuhkan kanker prostat yang sudah menyebar ke tulang ternyata bisa diatasi dengan salah satu zat kimia radioaktif, melalui perawatan radioterapi internal yang bernama Radium 223.

Dosis yang disuguhkan untuk pasien kanker prostat yang sudah menyebar ke tulang pun bisa dilakukan. Takarannya harus harus 50 kilobecquerel per kilogram berat badan (kBq/kgBB).

Pasien penderita kanker tersebut akan diberikan radium oleh dokter dengan cara disuntik ke pembuluh darah vena. Radium ini diberikan rutin yaitu dengan interval empat minggu hingga enam kali suntik. Setelah disuntik, biasanya dokter akan menyarankan pasien untuk segera mengonsumsi cairan dalam jumlah banyak.

Sementara, efek samping yang dihasilkan radium 223 pada pasien dapat berupa nyeri dada, batuk, kulit pucat, sesak napas, gusi berdarah, demam atau mengigil, sariawan dan sakit tenggorokan, kelelahan, sakit punggung di bagian bawah atau samping, dan lainnya.

Selain kanker prostat, ternyata beberapa penyakit kanker lainnya juga bisa diatasi dengan radiasi melalui radioterapi, yaitu;

1. Leukimia
Penyakit ini umumnya menyerang sel darah merah yang kemudian berkembang hingga ke sumsum tulang belakang. Sel ini akan terlihat berbeda dari sel-sel normal lainnya karena tidak berfungsi dengan baik. Penyakit leukemia ini pada dasarnya bisa diatasi dengan radioterapi.

2. Kanker paru-paru
Kanker paru-paru adalah penyakit kedua yang dapat diatasi dengan radiasi. Mulanya sel kanker ini akan menyerang paru-paru yang perlahan tumbuh dan membentuk seperti tumor. Sel kanker ini dapat dilihat melalui rontgen dada. Radioterapi lah cara yang tepat untuk membasminya

3. Tumor Otak
Tumor otak disebabkan sel-sel tidak normal yang berada di dalam otak. Sari sel-sel itulah yang nantinya akan disinari radiasi agar tidak membesar menjadi tumor.(Fitria Nur Rahmawati)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Semua Pihak Perlu Bersinergi Wujudkan Pilkada Damai

Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) merupakan momen penting dalam kehidupan demokrasi di Indonesia. Pilkada tidak hanya sekadar agenda politik,...
- Advertisement -

Baca berita yang ini