Mantap, Perusahaan Start-Up Thailand Kembangkan Vaksin Covid-19 dari Tembakau!

Baca Juga

MATA INDONESIA, BANGKOK – Para peneliti di dunia masih terus melakukan riset dan mengembangkan vaksin Covid-19 guna mengekang laju penyebaran virus yang telah menelan jutaan jiwa di dunia ini.

Terbaru, Baiya Phytopharm, perusahaan start-up asal Thailand berencana mengembangkan vaksin Covid-19 berbasis tanaman. Menariknya tanaman yang digunakan adalah tembakau!

Start-up yang didirikan oleh Dr. Suthira Taychakhoonavudh dan Dr. Waranyoo Phoolcharoen sedang mengerjakan vaksin Covid-19 menggunakan daun tanaman tembakau Australia.

Suthira, seorang dosen berusia 37 tahun di Universitas Chulalongkorn, mengatakan bahwa ia dan tim ilmuwannya ingin membuat perbedaan dalam mengubah Thailand dari importir vaksin menjadi pembuat vaksin.

Untuk diketahui, Baiya adalah perusahaan Thailand pertama yang memasuki CU Innovation Hub universitas, sebuah pusat penelitian untuk perusahaan rintisan, untuk mengembangkan teknologi untuk memproduksi protein rekombinan yang dapat menghasilkan obat-obatan dan vaksin.

Start-up berusia tiga tahun ini didanai oleh hibah dari Alumni Universitas Chulalongkorn dan pemerintah Thailand dan telah mengumpulkan sekitar dana  3 juta USD dari latihan crowdfunding.

Perusahaan menyelesaikan uji coba manusia fase satu dari vaksin Covid-19 berbasis tanaman pada Desember tahun lalu. Sejauh ini, tidak ada vaksin Covid-19 yang terbuat dari bahan nabati, meskipun setidaknya satu vaksin lain selain Baiya sedang dikembangkan.

“Sejauh ini, yang kami tahu adalah … semua sukarelawan selamat. Dan melihat profil keamanannya, kami sangat senang,” kata Suthira, melansir CNBC, Senin, 17 Januari 2022.

Namun, Suthira mengatakan bahwa masih terlalu dini untuk memastikan tingkat keefektifannya, tetapi tujuannya adalah menggunakan vaksin yang tersedia sebagai patokan.

Uji coba fase dua dimulai pada Februari dan uji coba fase tiga pada Juni. Ia berharap untuk menyerahkan data ke Administrasi Makanan dan Obat Thailand untuk persetujuan vaksin Covid-19 pada kuartal ketiga atau keempat tahun ini.

“Saat ini fasilitas kami dapat memproduksi sekitar lima juta dosis vaksin per bulan, yaitu sekitar 60 juta dosis vaksin per tahun,” sambung Suthira, menambahkan bahwa fasilitas produksi yang sama akan mampu memproduksi vaksin tidak hanya untuk Thailand tetapi juga untuk kawasan.

Baiya ingin menunjukkan bahwa Thailand dapat menemukan vaksin baru dan obat baru untuk mengatasi masalah kesehatan masyarakatnya sendiri, katanya. Perusahaan menggunakan tanaman tembakau yang sama untuk mengembangkan obat anti kanker dan perawatan anti penuaan.

“Dan kami ingin menjadikan produk farmasi yang kami hasilkan menjadi produk yang terjangkau, tidak hanya bagi masyarakat Thailand tetapi juga bagi masyarakat lain yang tidak memiliki akses terhadap obat-obatan,” tuntasnya.

Sebelumnya, sebuah studi yang dilakukan oleh Oregon State University mengungkapkan bahwa beberapa senyawa ganja dapat mencegah virus yang menyebabkan Covid-19 memasuki sel manusia. Akan tetapi, merokok ganja tidak memberikan perlindungan terhadap penyakit tersebut.

Para peneliti menemukan bahwa sepasang senyawa rami – asam cannabigerolic, atau CBGA, dan asam cannabidiolic, CBDA – mengikat protein lonjakan SARS-CoV-2, menghalangi langkah penting dalam jalur serangga mematikan untuk menginfeksi orang.

“Asam cannabinoid ini berlimpah dalam rami dan dalam banyak ekstrak rami,” kata pemimpin peneliti Richard van Breemen di Pusat Inovasi Rami Global Negara Bagian Oregon di College of Pharmacy dan Linus Pauling Institute.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Bupati Sleman Apresiasi Sebagai Sarana Menyatukan Warga

Mata Indonesia, Sleman - Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo menghadiri Kirab Budaya dalam rangka Merti Desa ‘Mbah Bregas’ Kalurahan Margoagung, Seyegan yang digelar di Balai Ringin Ngino, Sabtu, (4/5). Pada kesempatan tersebut, Kustini juga turut melakukan prosesi penuangan 7 kendi air suci di Ringin Ngino Mbah Bregas.
- Advertisement -

Baca berita yang ini