Mantap, Drone yang Dikembangkan Mahasiswa UGM Bisa Menjaga NKRI!

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto kagum dengan inovasi mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) dalam mengembangkan teknologi pertahanan.

Sejumlah teknologi pertahanan yang dikembangkan para mahasiswa UGM di antaranya, pesawat tanpa awak atau UAV Fiachra Aeromapper, UAV Amphibi Gama V2, Rudal Pasopati Rocket Assisted Take-Off, Drone Palapa S-1, serta Geospatial Artificial Intelligence (GEOAI) untuk bidang pertahanan dan keamanan.

Ialah Azhar Aulia Rasidin, mahasiswa Teknik Mesin UGM yang turut mengembangkan Drone Palapa S-1 mengatakan, pesawat nirawak itu berfungsi untuk pemantauan (surveillance).

Drone yang memiliki daya jelajah sekitar 500 kilometer dalam waktu enam jam dan dapat mencapai ketinggian 1 kilometer ini dikembangkan sejak 2021 oleh Tim Force UGM, kata mahasiswa angkatan 2017 itu.

“Itu untuk pemantauan wilayah misal kebakaran hutan. Kelebihannya yang paling menonjol dari drone ini adalah kemampuan take off langsung vertikal. Jadi bisa langsung mencapai ketinggian yang kita mau terus langsung bergerak maju. Langsung dari sana,” tutur Azhar dalam keterangan tertulis Kemhan, Sabtu, 5 Februari 2022.

“Kalau untuk pertahanan mungkin bisa di daerah perbatasan, untuk memantau daerah perbatasan kalau misalnya ada sesuatu yang mencurigakan bisa segera di laporkan,” sambungnya.

Selain Azhar, Ditya Farhaz, mahasiswa Fakultas Teknik Mesin UGM angkatan 2019 yang mengembangkan Rudal Pasopati mengatakan bahwa rudal yang dikembangkannya mampu menargetkan sasaran rendah dan tidak terdeteksi oleh radar.

“Sebagai penarget sasaran diam untuk ketinggian rendah agar tidak terdeteksi oleh radar,” ucapnya.

Ditya menjelaskan bahwa Rudal Pasopati yang turut dikembangkannya telah diriset sejak 2016-2017 dengan hasil dapat ditempuh jarak terbang 5km dengan kecepatan maksimal 130 km per jam dan ketinggian 100 m.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Jelang Hari Buruh Sedunia, Polda DIY Serahkan Bantuan Sembako

Mata Indonesia, Yogyakarta – Memperingati Hari Buruh Sedunia, Kapolda DIY Irjen Pol Suwondo Nainggolan, S.I.K., M.H., menyerahkan bantuan sembako kepada Koperasi Konsumen Persatuan Buruh DIY di Gedung Pertemuan Bumi Putera Yogyakarta, Pakualaman, Kota Yogyakarta, Selasa (30/4/2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini