Maksimalkan Percepatan Vaksinasi, BIN Kaltara Gelar Vaksinasi Massal dan Door To Door di Tarakan

Baca Juga

MATA INDONESIA, TARAKAN-Badan Intelijen Negara (BIN) terus berupaya melakukan percepatan vaksinasi hingga dosis booster. Hal ini bertujuan sebagai langkah mendorong pandemi Covid-19 menjadi endemi.

Seperti yang dilakukan BIN Daerah Provinsi Kalimantan Utara yang menggandeng Ikatan Keluarga Toraja (IKAT) Kota Tarakan baru-baru ini yang menggelar vaksinasi massal di Kota Tarakan, tepatnya di Jl Cendrawasih Sektor C Intraca, Juata Permai, serta vaksinasi door to door di Sei Bengawan.

Menurut Kepala BIN Daerah Istimewa Kalimantan Utara (Kaltara) Brigjen TNI H Andi Sulaiman S. Sos, M.H, pemberian vaksin Covid-19 dosis ketiga atau booster sangatlah penting peranannya dalam upaya kita keluar dari pandemi.

“Vaksinasi booster terbukti berhasil meningkatkan kadar kekebalan antibodi tubuh dalam melawan Covid-19, sekaligus sebagai bentuk mitigasi resiko pada pelonggaran sosial saat ini,” kata Brigjen TNI Andi Sulaiman kepada wartawan di Kota Tarakan, Minggu 26 Juni 2022.

Ia mengungkapkan capaian vaksinasi ini sebenarnya adalah tanggung jawab bersama, termasuk juga media. Maka dari itu, masyarakat luas diajak turut terlibat untuk mengencarkan dan mempercepat vaksinasi serta ikut terlibat didalamnya guna mewujudkan herd immunity.

Ia menambahkan bahwa kegiatan ini sejalan dengan perintah Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk terus meningkatkan capaian vaksinasi di Tanah Air, utamanya vaksinasi dosis ketiga.

“Karena ini menjadi tanggung jawab bersama yakni pemerintah pusat, daerah bersama masyarakat luas, mendorong orang segera divaksin dosis lengkap dan booster. Masyarakat juga harus tahu risiko yang bakal dihadapi dan akan terjadi ke depannya apalagi saat ini kasus Covid-19 tengah menaik yang disebabkan adanya subvarian Omicron BA.4 dan BA.5,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, dirinya menegaskan bahwa seluruh vaksin yang digunakan di Indonesia sudah memenuhi standard dan manfaatnya sama untuk melindungi masyarakat dari pandemi Covid-19.

“Kekebalan komunal itu memang dapat dicapai dengan vaksinasi dosis primer; tapi daya tahannya bisa menurun sehingga dosis booster sudah menjadi kebutuhan kita saat ini. Mari yang belum booster segera lanjutkan. Karena booster memberikan proteksi yang lebih baik untuk diri dan lingkungan kita,” ujarnya.

Sementara tokoh masyarakat dari IKAT Kota Tarakan, Agustinus Rannu mengapresiasi kegiatan vaksinasi yang diselenggarakan BIN Daerah Kaltara. “Terus terang cukup antusias masyarakat yang datang. Karena capaian vaksinasi hari ini melebih ekspektasi kami,” kata Agustinus.

Pihaknya pun berharap kepada BIN untuk terus menjalankan kegiatan vaksinasi demi pemulihan ekonomi di Kaltara. “Ke depan kami berharap BIN tetap menjalankan giat vaksinasi untuk pembentukan herd community demi pemulihan ekonomi di Kaltara,” pungkasnya.

Sebagai informasi percepatan vaksinasi yang digelar BIN Kaltara kali ini atas bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Kaltara, Pemerintah Kota Tarakan dan beberapa organisasi masyarakat IKAT Tarakan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upaya Presiden Jokowi Tingkatkan Kesejahteraan Pekerja Melalui Pengesahan UU Cipta Kerja

Oleh: Teguh Ahmad Insani )* Undang-Undang (UU) Cipta Kerja, yang disahkan pada tahun 2020, merupakan salah satu langkah strategis pemerintahan...
- Advertisement -

Baca berita yang ini